Kandungan gizi dalam kelor membuat tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Apakah manfaat daun kelor untuk lambung menjadi salah satu dari sekian kegunaan yang ada?

Gangguan kesehatan pada organ lambung memang sudah umum terjadi, hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Sebab, lambung dan sistem pencernaan lainnya merupakan organ dalam yang berkontak langsung dengan benda dari luar.

Oleh karena itu, semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut pasti memiliki pengaruh pada sistem pencernaan. Hal inilah yang membuat pola makan menjadi penting untuk kehidupan sehari-hari.

Apabila makanan yang masuk ini bersifat sehat dan bernutrisi tinggi, maka tubuh akan dalam keadaan sehat. Begitupula sebaliknya, jika makanan yang masuk ini tidak mengandung nutrisi berarti, maka tubuh juga tidak akan mendapatkan apa-apa.


Bubuk dan daun kelor (sumber: canva)

Daun Kelor, Makanan yang Tinggi akan Gizi?

Tumbuhan kelor, khususnya bagian daun, mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zinc, magnesium, zat besi, kalium, dan kalsium. Selain itu, daun kelor juga banyak mengandung antioksidan yang tinggi.

Beberapa nutrisi ini bahkan lebih banyak jumlahnya daripada jenis sayur atau buah lainnya. Alhasil, daun kelor ini banyak disebut-sebut sebagai miracle tree karena dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berkat kandungan nutrisi inilah manfaat daun kelor untuk kesehatan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, beberapa manfaat ini juga sudah terbukti pada berbagai penelitian-penelitian. Salah satunya dampaknya pada sistem pencernaan.

Manfaat Daun Kelor untuk Lambung

Banyaknya nutrisi pada daun kelor membuat tumbuhan ini tidak hanya berguna untuk satu atau dua jenis penyakit saja. Berikut adalah beberapa kegunaan tumbuhan kelor untuk sistem pencernaan, khususnya lambung:

1. Mengatasi Radang pada Lambung

gastritis adalah penyakit
Radang lambung (sumber: canva)

Gastritis atau yang biasa kita kenal dengan radang lambung merupakan keadaan yang serius pada sistem pencernaan. Sebab, peradangan ini bisa saja bersifat akut, kronis, lokal, dan difus.

Peradangan tersebut selanjutnya dapat menyebabkan munculnya pembengkakan mukosa lambug. Hal ini bisa membuat terlepasnya epitel mukosa superficial. Terlepasnya jaringan epitel ini mengakibatkan proses inflamasi pada lambung.

Penyebab utama dari gastritis adalah adanya infeksi dari bakteri pada mukosa lambung. Saat radang lambung terjadi, orang yang mengidapnya dapat merasakan gejala nyeri yang perih di ulu hati, mual, dan gejala maag.

Pada saat inilah manfaat daun kelor untuk lambung berjalan, dengan adanya antioksidan dan antiradang di dalamnya. Kedua sifat daun kelor ini membuat adanya potensi untuk tumbuhan tersebut mengatasi masalah radang lambung.

Sehingga dengan mengonsumsi daun kelor, kita bisa mencegah gangguan radang lambung atau gastritis yang mungkin menyerang. Selain itu, daun kelor juga berguna untuk mengatasi atau mengurangi gejala gastritis yang ada.

2. Manfaat Daun Kelor untuk Melindungi Organ Lambung


Organ lambung dan sumber masalah (sumber: canva)

Sebagian besar gangguan pencernaan yang ada pasti penyebabnya berasal dari infeksi bakteri. Beberapa jenis bakteri yang terkenal menyerang sistem pencernaan adalah bakteri Salmonella, Helibacter pylori, Escherichia coli (E. coli).

Dalam daun kelor ternyata memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri. Oleh karena itu, daun kelor ini dapat mencegah infeksi berbagai bakteri di atas pada sistem pencernaan ketika kita mengonsumsinya.

Perlindungan ini membuat lambung dan sistem pencernaan bebas dari serangan bakteri-bakteri yang jahat. Sehingga fungsi sistem pencernaan, khsusnya lambung, tidak akan terganggu dan dapat bekerja dengan lancar.

3. Manfaat Daun Kelor untuk Mencegah dan Mengatasi Tukak Lambung

Tukak lambung, sebuah penyakit yang merupakan perpanjangan dari radang lambung yang tidak segera ditangani dengan baik. Selain itu, juga didorong dengan produksi asam lambung yang berlebih atau asam lambung naik.

Namun, efek samping obat antiinflamasi nonstreroid (OAINS) dan infeksi bakteri H. pylori juga dapat menyebabkan tukak lambung. Oleh karenanya, gejala dari tukak lambung ini bisa lebih berbahaya daripada gangguan lambung lainnya.

Orang yang mengidap tukak lambung biasanya akan mengalami atau merasakan rasa perih yang berat pada bagian ulu hati. Gejala ini pun bisa mengganggu kegiatan rutin seseorang yang mempunyai tukak lambung.

Terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa daun kelor bisa melindungi dan melapisi jaringan pada dinding lambung. Sehingga, daun kelor ini sangat berpotensi untuk mencegah dan mengobati penyakit tukak lambung.

Baca juga: Ini Dia Kandungan Gizi Daun Kelor yang Perlu Anda Tahu

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

lebih parah maag atau asam lambung
Sistem pencernaan (sumber: canva)

Manfaat daun kelor untuk lambung selanjutnya adalah memperlancar sistem pencernaan.

Berbagai jenis sayur dan buah-buahan merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain mengandung berbagai nutrisi, daun kelor pastinya masuk ke dalam kelompok tersebut.

Bahkan, ada sebuah studi yang mengatakan bahwa daun kelor mempunyai efek pencahar alami. Oleh karena itu, daun kelor ini baik untuk melancarkan proses pencernaan dan mengatasi konstipasi.

Alhasil, gangguan seperti sembelit pun bisa kita cegah dengan mengonsumsi olahan-olahan daun kelor.

Mengonsumsi Daun Kelor yang Aman

Walupun potensi daun kelor untuk kesehatan manusia ini sangatlah besar, kita tetap harus berhati-hati. Sebab, terdapat efek samping ketika kita terlalu banyak mengonsumsi daun kelor atau salah mengolahnya.

Efek samping mengonsumsi daun kelor yang salah adalah sakit perut, mual, diare, penurunan tekanan darah, dan penurunan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, agar manfaat daun keor untuk lambung ini bisa efektif, kita harus mengonsumsinya dengan baik.

Lalu bagaimana caranya?

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun kelor lewat sereal Nutriflakes yang baik untuk kesehatan. Nutriflakes mengandung bahan alami, di antaranya umbi garut dan daun kelor. Sereal sehat ini sangat aman untuk dikonsumsi siapa saja, dari umur dua tahun hingga lansia.

Artinya, dengan mengonsumsi Nutriflakes ini kita juga mengonsumsi daun kelor dengan jumlah yang aman. Sebab, Nutriflakes sudah melewati pengujian secara empiris maupun ilmiah.

Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat daun kelor untuk sistem pencernaan, khususnya lambung, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, pencernaan lancar kesehatan terjaga!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles