Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 8 Manfaat Daun Kelor untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat, khususnya untuk kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesuburan pria dan wanita, salah satunya dapat menyuburkan sistem reproduksi.

Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, seseorang dapat memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuhnya. Ini karena di dalam daun kelor terkandung banyak sekali vitamin dan berbagai jenis nutrisi lainnya. 

 

8 Manfaat Daun Kelor untuk Kesuburan Pria dan Wanita

bolehkah mengkonsumsi daun kelor setiap hari
Daun kelor (sumber: canva)

Sebenarnya manfaat daun kelor tidak hanya untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Tapi, juga baik untuk meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria dan wanita. Tidak heran jika, banyak orang yang menjalani program hamil disarankan untuk mengonsumsi daun kelor.

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk membantu menyuburkan reproduksi pria dan wanita:

 

1. Mencegah Penyakit Kanker Prostat

Kanker prostat menjadi salah satu masalah pada sistem reproduksi pada pria, mengkonsumsi daun kelor akan membantu meminimalisir terserang kanker prostat. Ini karena daun kelor mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. 

 

2. Meminimalisir Risiko Impotensi 

Impotensi merupakan kondisi saat seorang pria tidak dapat mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual. Penyebab disfungsi ereksi yang paling umum terjadi, yaitu karena terhambatnya aliran darah pada organ vital. Kondisi ini dapat ditimbulkan oleh gangguan kesehatan tertentu, contohnya karena hipertensi atau diabetes. 

Ekstrak daun kelor mengandung senyawa polifenol yang berguna melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk di organ reproduksi pria. 

 

3. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat daun kelor selanjutnya, yaitu untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Apakah daun kelor bisa memperbanyak sperma? Mengonsumsi daun kelor dalam takaran yang pas secara teratur akan membantu meningkatkan kualitas sperma.

Kandungan antioksidan pada bagian daun dan biji kelor dipercaya dapat membantu mengatasi kerusakan oksidatif. Kerusakan tersebut dapat mengganggu proses pembentukan sperma dan merusak DNA sperma pada pria.

 

4. Meningkatkan Hormon Estrogen

Apakah daun kelor bagus untuk promil? Beberapa penelitian menyatakan bahwa daun kelor mampu membantu, meningkatkan produksi hormon estrogen dan melancarkan sirkulasi darah pada organ rahim. 

Manfaat tersebut dapat diperoleh, dari kandungan antioksidan dan fitosterol yang ada di dalam daun kelor.

 

5. Meningkatkan Gairah Seksual pada Pria 


Daun kelor (sumber: canva)

Manfaat daun kelor untuk kesuburan pria dan wanita selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan  libido dan gairah seksual pada pria. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, ekstrak kelor dapat berguna sebagai afrodisiak untuk merangsang gairah seksual pria.  

 

6. Mencegah Pembesaran Prostat

Pembesaran prostat atau benign prostatic hyperplasia (BPH) juga, menjadi salah satu masalah kesehatan pada sistem reproduksi pria. Masalah ini bisa terjadi seiring bertambahnya usia atau karena disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. 

Daun kelor dapat membantu mencegah pembesaran prostat jinak karena mengandung antioksidan. Sehingga daun kelor banyak digunakan sebagai tambahan dalam pengobatan BPH. 

 

7. Meningkatkan Hormon Testosteron

Hormon testosteron berguna dalam mengatur gairah seksual, baik pria maupun wanita. Kekurangan kadar hormon testosteron dapat menyebabkan gairah seksual menurun.

Ekstrak daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron, serta membantu menyeimbangkan kadar hormon.

 

8. Meningkatkan Produksi ASI

Daun kelor juga dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan produk ASI, ini karena daun kelor mengandung banyak nutrisi. Kandungan di dalamnya dapat memicunya meningkatkan produk ASI karena kaya akan kandungan asam amino, vitamin dan mineral.

Tidak heran jika sejak zaman dahulu, daun kelor dipercaya dapat memperlancar ASI. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, produksi ASI akan melimpah. 

Manfaat daun kelor untuk kesuburan pria dan wanita memang cukup beragam. Bisa dibilang daun kelor merupakan tanaman dengan berbagai manfaat. Tidak heran jika harga ekstrak daun kelor cukup mahal di pasaran.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles