Tidak kalah dengan karbohidrat atau protein, serat merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Oleh karenanya, kita membutuhkan makanan yang mengandung banyak serat.

Kebutuhan akan serat ini harus selalu dipenuhi setiap hari karena senyawa ini sangat penting untuk kesehatan. Sebagian besar manfaat serat ini adalah untuk mencegah beberapa penyakit yang merugikan kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari serat ini:

  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Mengontrol berat badan agar tidak obesitas.
  • Mencegah penyakit gula atau diabetes.
  • Mencegah kanker kolon (usus besar).
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Artinya, serat juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sehari-hari kita. Kebutuhan akan serat ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung umur seseorang.


Contoh makanan berserat (sumber: canva)

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari pemerintah, rata-rata kebutuhan serat untuk orang dewasa adalah 30 sampai 38 gram. Sedangkan kebutuhan serat untuk anak-anak berada di angka 16 sampai 30 gram.

Kebutuhan ini akan menurun ketika kita mencapai usia 49 tahun ke atas.

Makanan yang Mengandung Banyak Serat

Beberapa bahan makanan memiliki kandungan serat yang kita butuhkan sehingga bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung banyak serat:

  • Gandum

Makanan tinggi serat yang pertama adalah gandum. Bahan pangan ini memiliki serat yang disebut dengan beta glukan. Di mana serat ini berfungsi untuk mengontrol gula darah dan kolesterol serta meningkatkan imun tubuh.

  • Kacang Polong

Kandungan serat dalam setiap 100 gram kacang polong bisa mencapai angka 8,3 gram. Selain itu, kacang polong juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti: protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan.

  • Buah Pir


Buah pir (sumber: canva)

Pir, buah yang memiliki kandungan air tinggi serta rasa yang sangat segar. Dalah satu buah pir dengan ukuran kecil saja bisa menyumbang serat sebanyak 5,5 gram. Artinya, dengan mengonsumsi pir, kita bisa memenuhi 20% dari kebutuhan serat setiap harinya.

  • Buah Alpukat

Makanan tinggi serat selanjutnya adalah buah alpukat. Setiap 100 gram alpukan akan mengandung serat sebanyak 6,7 gram. Selain itu, alpukat juga mempunyai kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan mineral-mineral yang baik untuk pencernaan.

  • Biji Chia (Chia Seed)

Chia seed atau biji chia adalah bahan makanan yang tinggi serat dan cocok untuk diet. Biji chia bisa memberikan asupan serat sebanyak 34,4 gram setiap 100 gramnya.


Semangkok biji chia (sumber: canva)

Chia seed ini juga mempunyai ragam nutrisi, seperti kalsium, fosfor, lemak, dan mangan yang berguna untuk menjaga kesehatan.

  • Beras Merah

Nasi merah ternyata memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jika dalam 100 gram beras putih hanya memiliki serat 0,6 gram, maka pada 100 gram beras merah bisa mengandung serat sebanyak 4 gram.

Artinya, perbedaan kandungan serat di antara keduanya ini sangatlah signifikan. Oleh karena itu, kita bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah.

Kesimpulan

Kebutuhan akan asupan serat sehari-hari bisa kita penuhi menggunakan makanan yang mengandung banyak serat di atas. Mulai dari kacang-kacangan, biji chia, buah pir & alpukat, serta gandum.

Selain itu, agar pencernaan tetap lancar dan terjaga kesehatannya, kita juga bisa mengonsumsi Nutriflakes. Sebuah sereal umbi garut yang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk sistem pencernaan.

Nutriflakes memiliki efek terapi yaitu untuk mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Sereal sehat ini juga bisa dijadikan makanan sumber serat karena menggunakan psyllium husk sebagai salah satu bahan alaminya.

Di mana psyllium husk merupakan serat larut yang banyak digunakan untuk melancarkan saluran pencernaan. Keampuhan dari psyllium husk sendiri sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu.

Demikian ulasan mengenai kebutuhan serat serta makanan yang mengandung banyak serat untuk memenuhinya. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk kita semua.

Nutriflakes, rahasia pencernaan lancar dan sehat!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles