Pada bagian sebelumnya telah membahas berbagai manfaat dari serat yang ada pada makanan. Selain untuk melancarkan pencernaan, makanan tinggi serat untuk diet ternyata juga bisa digunakan.

Sebagian orang pasti ada yang memiliki permasalahan berat badan yang berlebihan (obesitas). Keadaan ini sebenarnya tidak baik karena dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan.

Selain itu, kondisi obesitas ini juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa penyakit yang muncul karena obesitas, seperti: serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, infertilitas, dan batu empedu.

Artinya, kita harus menghindari berat badan yang berlebihan. Selain itu, selalu menjaga agar berat badan selalu ideal menjadi sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan pola makan teratur dengan gizi yang seimbang.

Selain itu, juga dengan memperbanyak aktivitas sehat seperti olahraga. Solusi lainnya adalah dengan mengikuti program diet, sebuah kegiatan di mana harus mengatur jumlah makan dan minum yang masuk ke tubuh.


Perencanaan diet (sumber: canva)

Program diet adalah sebuah program untuk membatasi kuantitas asupan makanan dan minuman untuk tujuan tertentu.

Diet yang sehat merupakan proses memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mencakup kecukupan vitamin dan mineral, protein, karbohidrat, serta serat. Di saat yang bersamaan juga membatasi konsumsi lemak dalam satu hari.

Menu Makanan Tinggi Serat untuk Diet

Artinya, ketika melakukan diet, kita harus mempersiapkan menu makanan dengan baik agar seluruh kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi.

Berikut beberapa contoh menu makanan yang cocok untuk dikonsumsi ketika melaksanakan program diet.

  1. Sayur kacang dengan udang

Perpaduan antara kacang panjang dengan udang bisa menjadi sebuah menu makanan yang sehat dan cocok untuk diet. Mengapa?

Sebab, kacang memiliki kandungan serat yang tinggi dan udang mengandung banyak protein. Menu makanan dengan kedua bahan bisa memberikan rasa kenyang yang lama dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, nutrisi di antara kedua bahan ini sangatlah tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.


Sayur kacang udang (sumber: canva)

  1. Steak tempe

Biasanya daging menjadi pantangan bagi orang yang sedang diet. Jika ingin mengonsumsi steak, maka protein ini bisa digantikan dengan tempe. Tempe merupakan bahan pangan yang sangat tinggi protein.

Selan itu, pada steak tempe ini biasanya akan ditemani dengan beberapa sayuran berserat tinggi, seperti wortel, kacang-kacangan, buncis, dan lain sebagainya. Sehingga protein dan serat yang penting untuk diet bisa terpenuhi.

  1. Sayur bayam bening

Menu makanan tinggi serat untuk diet selanjutnya adalah sayur bening dengan bayam, jagung, dan wortel. Sayur bening ini sangat mudah untuk dimasak dan populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Perpadaun antara daun bayam, jagung, dan wortel ini juga memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di mana bayam dan wortel menjadi sumber serat dan protein yang tinggi. Sedangkan jagung menjadi sumber karbohidrat dan protein yang dibutuhkan.

  1. Cah brokoli dengan jamur

Sama dengan sayur bening, jenis masakan cah juga sangat mudah dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Nutrisi di dalam masakan ini pun sangat tinggi karena menggunakan brokoli dan jamur.

Di mana brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi dan jamur mengandung banyak protein.


Cah brokoli jamur (sumber: canva)

Kesimpulan

Menu makanan tinggi serat di atas sangat cocok untuk diet bagi yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan. Sebab, menu-menu di atas menggunakan bahan-bahan yang mengandung tinggi serat dan protein.

Selain menu di atas, kita bisa menggunakan Nutriflakes sebagai menu pendamping ketika menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan Nutriflakes menggunakan psyllium husk sebagai sumber seratnya.

Di mana bahan pangan tersebut sering kali digunakan dalam suplemen makanan diet dan lain sebagainya. Selain itu, nutrisi di dalam Nutriflakes tidak perlu dipertanyakan lagi karena menggunakan susu kambing etawa, umbi garut, gula aren, dan daun kelor.

Demikian ulasan mengenai menu makanan yang tinggi serat dan cocok untuk diet. Semoga dapat membantu dan menginspirasi kita semua.

Nutriflakes, serat terpenuhi kesehatan terjamin!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles