Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 7 Makanan Tinggi Lemak, Penuhi Kebutuhan Tubuh

Bagi orang yang sedang menjalankan diet, makanan tinggi lemak mungkin sangat menakutkan. Padahal tubuh kita sendiri juga memerlukan lemak untuk menjalankan fungsi-fungsi di dalamnya.

Makanan berlemak memang terkadang menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Alasannya adalah kandungan lemak ini dapat membuat bentuk tubuh tidak baik. Selain itu, banyak juga yang menyalahkan lemak ketika mereka mengidap penyakit tertentu.

Faktanya memang kelebihan lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya. Misalnya adalah gangguan seperti penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, kelebihan berat badan atau obesitas


Makanan-makanan berlemak (sumber: canva)

Namun, sama seperti protein, fungsi lemak bagi tubuh sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat lemak dalam kehidupan sehari-hari:

  • Melindungi tubuh dari suhu yang rendah.
  • Menghasilkan energi untuk tubuh.
  • Melindungi organ-organ vital dalam tubuh.
  • Menyusun asam kholat dan juga empedu.
  • Membuat rasa kenyang lebih lama.
  • Melarutkan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin, K, dan vitamin D agar dapat diserap ke dalam tubuh, dan lain sebagainya.

Adanya fungsi-fungsi di atas, membuat tubuh membutuhkan asupan akan lemak. Alhasil, kita harus memenuhi kebutuhan tersebut melalui bahan-bahan makanan.

 

Makanan Tinggi Lemak

Setiap hari tubuh akan membutuhkan sekitar 67 gram lemak, tidak kurang dan tidak lebih. Oleh karena itu, kita harus mengetahui daftar bahan makanan yang mengandung lemak.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang tinggi lemak tetapi baik untuk kesehatan:

  1. Ikan


Salah satu jenis ikan (sumber: canva)

Salmon, kembung, haring, tuna, dan sarden adalah jenis-jenis ikan yang menjadi sumber lemak baik untuk kesehatan. Sebab, ikan-ikan ini mengandung lemak omega 3 yang masuk dalam kelompok lemak tidak jenuh.

  1. Alpukat

Makanan serta buah satu-satunya yang mengandung lemak adalah alpukat. Hampir dari 70% lemak dalam alpukat ini berbentuk asam oleat, yang juga sangat baik untuk kesehatan.

Buah ini juga sangat aman untuk penderita asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

  1. Kacang-kacangan

Selain mengandung protein tinggi, kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sehingga bahan makanan ini sering diolah untuk menjadi minyak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang-kacangan akan terhindar dari penyakit jantung serta cenderung lebih sehat.

  1. Telur

Bagian telur yang berwarna kuning juga mengandung lemak omega -3, sama seperti ikan. Berbagai gizi lainnya yang ada pada telur pun juga sangat baik untuk kesehatan seperti protein, vitamin, dan mineral.

  1. Minyak Zaitun


Minyak zaitun (sumber: canva)

Bahan makanan yang mengandung lemak selanjutnya adalah minyak zaitun. Jenis minyak ini juga mengandung lemak omega-3 yang sangat baik. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan vitamin E, vitamin K, dan antioksidan.

  1. Olahan Susu

Makanan tinggi lemak selanjutnya ini datang dari hasil-hasil olahan susu seperti yogurt dan keju. Lemak yang ada pada yogurt dan keju memiliki potensi besar untuk mencegah obesitas dan penyakit jantung.

  1. Minyak Kelapa

Walaupun lemak dalam minyak kelapa ini berjenis lemak jenuh, tapi ternyata jenisnya beda dari lemak biasanya. Lemak dalam minyak kelapa dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

 

Kesimpulan

Berbagai makanan di atas memang mengandung lemak yang tinggi. Namun, jenis-jenis lemak yang ada di dalamnya ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, sebagian besar lemak-lemak di atas dapat menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan (obesitas). Jika masih ragu mengonsumsi makanan-makanan di atas, kita dapat beralih ke Nutriflakes.

Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan sehari-hari.

Sumber lemak dari Nutriflakes ini berasalah dari kandungan susu kambing etawa dan kandungan umbi garut. Kedua bahan ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Demikian ulasan mengenai makanan-makanan tinggi lemak yang baik untuk dikonsumsi, semoga dapat bermanfaat.

 

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles