Leher terasa panas dan kepala pusing mungkin pernah dialami banyak orang. Kedua gangguan kesehatan ini sangat umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak atau orang dewasa. Tentu keadaan ini bisa mengganggu kegiatan harian atau kerjaan pada saat itu. Oleh karenanya, kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Leher panas yang disertai sakit kepala bukanlah masalah kesehatan yang serius dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, penyebab dari masalah ini tentu harus diketahui agar kita dapat mengobatinya dengan tepat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan mengulas apa penyebab dan bagaimana mengatasi leher panas dengan sakit kepala.

 

Penyebab Leher Panas dan Kepala Pusing


Leher panas (sumber: canva)

Sakit kepala yang disertai dengan leher panas sebenarnya bisa menandakan banyak sekali masalah kesehatan. Demam merupakan keadaan yang paling umum terjadi ketika seseorang mengalami pusing kepala dan leher panas.

Hal ini dapat disebabkan karena stres, dehidrasi, kelaparan, kurang istirahat, terlalu lama terpapar sinar matahari, dan lain sebagainya. Di lain pihak leher yang panas juga bisa menunjukkan gangguan asam lambung naik.

Suatu keadaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan yang kemudian bisa menyebabkan iritasi di kerongkongan dan tenggorokan. Hal ini akan menimbulkan beberapa gejala, seperti sensasi panas di dada atau leher, perut mual, kembung, dan lain-lain.

Pada beberapa kasus, penderita asam lambung juga sering mengalami pusing kepala akibat kurang asupan nutrisi dan juga stres.

 

4 Cara Mengatasi Leher Terasa Panas dan Kepala Pusing


Kepala pusing (sumber: canva)

Melalui penjelasan di atas, demam dan refluks asam adalah salah satu alasan mengapa bisa terjadi sakit kepala dan leher terasa panas. Kedua gangguan kesehatan ini bukanlah masalah yang serius dan dapat kita tangani di rumah tanpa pergi ke rumah sakit.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit kepala dan leher panas akibat asam lambung:

1. Minum Air Putih atau Minuman Herbal

Memperbanyak minum air putih bisa membersihkan sisa-sisa asam lambung di leher yang menjadi alasan leher terasa panas. Selain air putih, minuman herbal seperti teh chamomile, air garam, dan air madu juga dapat mendinginkan leher.

Beberapa minuman herbal ini juga berfungsi untuk menenangkan perut. Jika perut nyaman, maka sakit kepala juga akan reda.

2. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Cara mengatasi leher terasa panas dan kepala pusing selanjutnya adalah dengan memperbanyak istirahat. Lebih baik tidur selama 7 sampai 8 jam dalam sehari agar tubuh tidak terlalu lelah.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah ketika tidur sebaiknya posisikan kepala lebih tinggi daripada perut. Caranya dengan menggunakan bantal setebal kurang lebih 10 cm.

3. Lakukan Teknik Relaksasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa stres dapat menyebabkan sakit kepala dan leher panas. Oleh karena itu, melakukan teknik relaksasi bisa mengurangi rasa stres. Salah satu contoh teknik relaksasi ini adalah yoga, meditasi, dan mengerjakan hobi.

Menghilangkan stres juga dapat mencegah gangguan refluks asam juga sakit kepala. Sebab, teknik ini tidak hanya menenangkan tubuh tetapi juga pikiran.

4. Makan Nutriflakes

Mengonsumsi sereal Nutriflakes bisa menjadi cara dalam mengatasi leher terasa panas dan kepala pusing. Nutriflakes adalah sereal yang sudah didesain secara khusus untuk meredakan asam lambung naik dan maag kronis.

Sereal sehat ini juga akan memberikan rasa kenyang yang pas. Seperti yang kita tahu bahwa kepala pusing juga dapat disebabkan karena rasa lapar. Oleh karena itu, jika perut kenyang, maka sakit kepala tidak akan terjadi.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi kepala pusing dan panas di leher. 5 cara di atas dapat dilakukan di rumah dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Maka dari itu, kita tidak perlu khawatir lagi jika leher terasa panas dan kepala pusing.

Nutriflakes, makanan enak untuk hidup yang lebih sehat!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles