Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Lebih Sehat Gula Aren atau Gula Jawa dalam Penggunaannya?

Gula aren dan gula jawa memang punya perbedaan yang signifikan. Lantas lebih sehat gula aren atau gula jawa asli? Pada dasarnya gula aren dan jawa sama-sama kerap dijadikan sebagai pengganti gula putih untuk memberikan cita rasa manis alami untuk berbagai makanan dan minuman. 

Gula aren dan gula jawa juga punya kandungan yang berbeda dengan gula putih. Baik gula aren maupun gula jawa, keduanya sama-sama lebih sehat digunakan pada berbagai campuran makanan dan minuman. Hal ini juga karena keduanya didapat dari sumber alam. 

 

Lebih Sehat Gula Aren Atau Gula Jawa Dibanding Gula Putih


Gula jawa (sumber: canva)

Seperti ulasan di atas, fakta menunjukkan bahwa dalam penggunannya gula aren atau gula jawa lebih sehat dibandingkan gula putih. Adapun yang sering diketahui oleh masyarakat, gula aren utamanya punya manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan. Apa saja itu? Ini dia beberapa diantaranya:

a. Menambah Asupan Energi

Gula aren dikenal punya kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Glikogen pada gula ini akan berubah menjadi energi yang disimpan dalam otot sehingga tubuh bisa merasa lebih kuat saat menjalankan aktivitas. Selain jaringan otot, gula aren juga memberikan energi pada jaringan lain. 

Untuk menambah energi, gula aren bisa dicampur dengan minuman yang sejuk atau dicampur dengan wedang rempah-rempah. Hindari memasak gula aren terlalu lama agar rasa manisnya tetap terasa, karena jika terlalu lama akan muncul rasa agak pahit pada gula aren.

b. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ternyata gula aren saat dikonsumsi bisa meningkatkan imunisasi tubuh. Banyak orang yang belum tahu tentang manfaat gula aren yang satu ini. Jika imunitas tubuh naik, maka sudah pasti tubuh akan minim terkena resiko berbagai penyakit ringan maupun berat. 

Peningkatan imunitas tubuh oleh gula aren ini adalah karena adanya kandungan nutrisi dalam gula aren. Kandungan nutrisi penting pada gula aren juga mampu membantu pertumbuhan jaringan dalam tubuh. Selain itu nutrisi ini juga efektif memancarkan pencernaan. 

c. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Tidak semua gula dapat menaikkan berat badan tubuh, salah satunya adalah gula aren yang ternyata bisa menurunkan berat badan. Khasiat ini bisa jadi alasan mengapa lebih sehat gula aren atau gula jawa jika dibandingkan dengan gula pasir putih biasa. 

Gula aren dikenal punya kandungan potasium yang cukup tinggi. Potasium inilah yang nantinya berperan aktif menurunkan berat badan berlebih. Gula aren juga memiliki kandungan bioaktif yang akan sangat membantu dalam peningkatan metabolisme tubuh. 

Tubuh yang punya metabolisme bagus, akan smterhindar dari obesitas atau jenis penyakit pencernaan lainnya. 

d. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas


Gula pasir (sumber: canva)

Tubuh yang mudah terserang radikal bebas biasanya dikarenakan kurangnya kadar antioksidan. Saat tubuh sudah terserang radikal bebas, maka berbagai penyakit berbahaya bisa menyerang dengan mudah. Mala asupan antioksidan ini sangat penting bagi tubuh. 

Salah satu sumber antioksidan bisa diperoleh dari gula aren. Gula aren memang punya kandungan kadar antioksidan yang cukup untuk tubuh. Mengkonsumsi gula aren bisa jadi jalan alternatif untuk menambah kadar antioksidan dalam tubuh. 

e. Membuat Awet Muda

Selain mengandung antioksidan yang cukup tinggi, gula aren juga punya kandungan vitamin B. Antioksidan dan vitamin B ini berperan penting untuk menjadikan seseorang awet muda atau istilahnya mencegah penuaan dini. 

Dari kandungan dan khasiat ini, sudah pasti gila aren bagus untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. 

Berbagai manfaat gula aren di atas, menunjukkan bahwa lebih sehat gula aren atau gula jawa dibandingkan gula pasir putih. Utamanya gula aren lebih disarankan dibandingkan gula jawa, meski keduanya sama-sama punya manfaat yang bagus untuk kesehatan.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles