Ramuan kunyit dan madu untuk GERD menang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kunyit dan madu yang bisa dengan mudah ditemukan menjadikan ramuan ini tambah popular terlebih untuk pengobatan rumahan.

Tidak hanya itu, efek samping yang minim bahkan tidak ada sama sekali membuat ramuan obat ini semakin digandrungi. Namun apa yang membuat ramuan ini efektif dan bagaimana cara pengolahannya yang tepat?

 

Cara Kerja Kunyit dan Madu untuk GERD


Ramuan kunyit (sumber: canva)

Tidak hanya GERD, kunyit sendiri sebenarnya bisa digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan lainnya. Antioksidan dalam bahan alami ini jadi kunci ‘obat’ bagi berbagai macam jenis penyakit secara efektif.

Seperti halnya penyakit GERD yang juga disebabkan salah satunya oleh peradangan radikal bebas. Umumnya radikal bebas bisa ditekan keberadaannya bila kandungan antioksidan dalam tubuh mencukupi. 

Tapi tidak perlu khawatir, khasiat kunyit dan madu untuk asam lambung bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas secara alami. Tidak perlu pusing memilih obat kimia dan mempertimbangkan efek sampingnya, ramuan ini bisa dikonsumsi secara bebas.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengobati peradangan ini yakni dengan mencukupi kadar antioksidan tubuh lewat ramuan kunyit madu. Kandungan kurkumin dalam kunyit sebagai anti radang juga efektif menghalau radikal dan menepis peradangan.

Anti radang dan anti oksidan tinggi dalam kunyit juga yang berfungsi menekan kemungkinan terjadinya heartburn. Secara bertahap, GERD bisa disembuhkan lewat ramuan kunyit yang ditambahkan dengan madu.

Dalam ramuan ini, madu berperan sebagai anti bakteri. Tidak hanya itu, madu juga bekerja sebagai suplemen tambahan alami bagi tubuh. Jadi, tidak perlu takut akan efek samping ramuan kunyit dan madu untuk GERD ini.

 

Cara Pengolahan Ramuan Kunyit dan Madu

Tentunya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan ramuan kunyit dan madu. Namun yang familier terdapat dua cara utama untuk mengolah dua bahan alami ini menjadi obat GERD. Berikut pemaparan singkatnya. 

1. Langsung Dibuat Jus (Diambil Sarinya)  

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan langsung membuat jus atau diambil sarinya. Cara ini banyak digunakan bagi mereka yang tidak suka melewati proses meracik yang lebih lama. Langkah yang perlu dilakukan meliputi:

  • Cuci bersih 2 ruas jari kunyit
  • Siapkan 1 gelas air bersuhu ruang
  • Siapkan 1 sendok madu
  • Haluskan semua bahan bersamaan menggunakan blender
  • Pastikan sudah halus dan tuang ke gelas

Ramuan ini bisa langsung diminum setelah selesai dihaluskan tanpa tambahan bahan lainnya. Selanjutnya ramuan bisa diminum setiap pagi sebagai ramuan detox. 

2. Dijadikan Minuman Hangat


Ramuan kunyit (sumber: canva)

Suka dengan minuman ramuan hangat ala wedang? Bila iya, penyajian kunyit dan madu untuk GERD ini juga bisa dilakukan ala wedang hangat. Caranya cukup sederhana, ikuti langkah memasak ramuannya berikut:

  • Kupas 1 hingga 2 ruas kunyit segar lalu memarkan atau di iris tipis
  • Rebus 2 gelas air hingga mendidih
  • Masukan kunyit yang sudah disiapkan
  • Biarkan air surut hingga 1 gelas saja
  • Angkat air dan masukkan ke dalam gelas
  • Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan

Minum ramuan ini selagi hangat di pagi hari. Sebagai variasi boleh juga menambahkan setengah ruas jahe segar saat proses perebusan kunyit. Perlu diingat, jangan sampai menambahkan madu terlalu banyak.

Pengobatan untuk penyakit GERD atau asam lambung memang cukup beragam. Termasuk satunya pengobatan alami dengan menggunakan bahan alami seperti madu dan kunyit. Agar pengolahannya tepat, gunakan salah satu cara yang sudah disajikan di atas.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles