Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 6 Khasiat Susu Kambing untuk GERD

Khasiat susu kambing untuk GERD bisa Anda temukan pada susu kambing etawa. Berdasarkan sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center, susu ini mengandung zat antasida alami yang berguna mengatasi masalah pencernaan serta menguatkan otot kerongkongan.

Nutrisi dalam susu kambing dipercaya dapat menyehatkan tubuh, beberapa kandungan di dalamnya seperti antioksidan, kalsium, asam lemak baik, dan probiotik. Selain itu susu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Khasiat Susu Kambing untuk GERD


2 botol susu (sumber: canva)

Susu merupakan salah satu daftar asupan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya berguna untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain manfaat tersebut, berikut ini khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari susu kambing etawa.

1. Mengoptimalkan Sistem Pencernaan

Kandungan protein dan kalsium pada susu kambing etawa lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu terdapat kandungan karbohidrat prebiotik oligosaccharides yang menjadikan susu kambing ini termasuk dalam golongan susu kaya nutrisi.

Sehingga susu kambing sangat baik untuk pencernaan. Kandungan karbohidrat prebiotik  pada susu kambing berguna dalam mendukung perkembangan bakteri baik di usus yang bekerja melawan bakteri jahat penyebab masalah pencernaan.

2. Mampu Mencegah dan Mengatasi Stres

Stres merupakan salah satu pencetus terjadinya gangguan pada lambung seperti IBS maupun GERD. Mengkonsumsi susu kambing etawa dalam keadaan hangat dapat menenangkan tubuh serta menghilangkan stres maupun rasa penat.

Selain itu susu kambing etawa juga memiliki kandungan magnesium dan zinc yang berguna untuk memperkuat jaringan saraf. Sehingga dengan mengkonsumsi susu ini secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai masalah pada saraf.

3. Berguna untuk Diet

Banyak penderita GERD bermula dari cara diet yang salah. Mulai dari mengkonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan kondisi lambung, bahkan beberapa orang menahan rasa lapar demi menjaga bentuk tubuh.  Sehingga menimbulkan berbagai gangguan pencernaan.

Dengan mengkonsumsi susu kambing etawa Anda dapat terhindar dari rasa cemas dengan bentuk tubuh. Pasalnya kandungan lemak dan protein dalam susu kambing dapat dicerna oleh lambung dan membakar lemak secara cepat.

Susu kambing etawa dapat memuaskan rasa lapar, sehingga cocok untuk orang yang sedang diet agar tidak terlalu sering memakan kudapan. Agar rasa kenyang bertahan lebih lama Anda dapat mengkonsumsi susu etawa setelah makan.

4. Menyehatkan Lambung

Selama ini kita hanya mengetahui manfaat susu sebagai asupan kalsium, pada faktanya salah satu jenis susu ini berguna dalam menetralkan asam lambung. Hal ini disebabkan kandungan mineral alkaline di dalam susu ini dapat mencegah penyakit maag.

5. Mudah Diserap dan Dicerna


Segelas susu (sumber: canva)

Susu kambing etawa lainnya adalah dapat menenangkan pencernaan. Jika dibandingkan dengan susu sapi, kandungan lemak pada susu kambing lebih rendah. Gumpalan protein dari susu kambing juga mudah dicerna oleh lambung.

Susu ini dapat mengatasi berbagai masalah pada lambung dengn cara yang luar biasa. Pasalnya susu kambing tidak memiliki protein kompleks, sehingga mengurangi resiko terjadinya alergi. Selain itu, kemampuan menenangkan saluran pencernaan ini dapat memuaskan rasa lapar.

6. Mengatasi Masalah Pernafasan

Penderita GERD umumnya mengalami masalah pada saluran pernafasan. Hal ini terjadi karena meningkatnya produksi asam lambung hingga masuk ke saluran nafas. susu kambing dikenal bermanfaat untuk mengatasi masalah pernafasan seperti TBC, asma, dan flek paru-paru.

Kandungan flourin dan betakasein dari susu kambing etawa dipercaya dapat membantu proses penyembuhan penyakit pada pernafasan. Sehingga bagi penderita asma yang mengalami GERD mengkonsumsi susu kambing dapat meredakan gejala pada bagian pernafasan.                      

Khasiat susu kambing untuk GERD sangat beragam. Bagi penderita masalah pencernaan susu kambing etawa sangat cocok dikonsumsi untuk mengobati dan menyehatkan saluran pencernaan. Sebab susu ini lebih mudah diserap oleh saluran pencernaan.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles