Selama terdapat angka kecukupan gizi terhadap vitamin C, artinya kita harus memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi ini. Sebab, kekurangan vitamin C menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

Apa saja gangguan-gangguan kesehatan ini?

Sebelum menuju ke pembahasan tersebut, lebih baik kita mengenal vitamin C lebih dalam. Apa itu vitamin C?

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang berbentuk kristal kecil dan sangat mudah rusak apabila bertemu dengan udara (oksidasi). Vitamin ini masuk ke dalam jenis nutrisi mikro karena kebutuhannya yang terbilang kecil daripada nutrisi seperti karbohidrat dan protein.

Dalam buku Prinsip Dasar Ilmu Gizi, vitamin C tidak akan stabil saat berada di dalam larutan alkali, tetapi akan stabil ketika berada di dalam larutan asam. Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin C juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Orang meminum vitamin C (sumber: canva)

Berikut ini adalah beberapa kegunaan vitamin C:

  • Membentuk kolagen interseluler.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Meningkatkan imun tubuh.
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
  • Menurunkan kolesterol

Artinya, banyak sekali fungsi yang dihadirkan vitamin C terhadap kesehatan tubuh. Jikalau kebutuhan vitamin ini tidak kita penuhi setiap hari, bisa saja tubuh akan mendapatkan konsekuensi yang tidak baik.

Apa saja gangguan kesehatan yang muncul ketika kekurangan vitamin C

Baca juga: Nama Lain Vitamin C dalam Dunia Kesehatan

Kekurangan Vitamin C dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Tubuh akan merasakan beberapa gejala atau gangguan kesehatan ketika kebutuhan akan vitamin C tidak terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang dimaksud:

  1. Skorbut

Gangguan kekurangan vitamin C yang paling parah adalah skorbut. Gejala dari gangguan ini sebenarnya mudah untuk kita kenali, misalnya tubuh sangat lemas, mual, diare, nafsu makan berkurang, dan demam.

Gangguan skorbut bila tidak segera kita atasi justru akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya, yaitu penyakit jantung. Bahkan skorbut ternyata bisa mengakibatkan kematian.


Kekurangan vitamin C (sumber: canva)

  1. Gusi Berdarah

Menjaga kesehatan gigi dan gusi merupakan salah satu peran dari vitamin C. Jika tidak ada vitamin C yang memelihara kesehatan tersebut, gusi mudah untuk berdarah dan gigi rentan untuk hilang.

  1. Permasalahan Kulit

Kekurangan vitamin C ternyata juga dapat menyebabkan permasalahan kulit. Sebab, peran utama dari vitamin C adalah memproduksi kolagen, sebuah protein yang membentuk lapisan kulit dan jaringan ikat.

Artinya, kekurangan vitamin C bisa membuat kulit menjadi kasar dan kering.

Baca juga: Apakah Vitamin C Aman untuk Penderita Asam Lambung?

  1. Kekebalan Tubuh Berkurang

Salah satu manfaat dari vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa penelitian sudah mengungkapkan bahwa kurangnya asupan vitamin C dapat mengurangi sistem imun tubuh. Oleh karenanya orang akan mudah terkena penyakit.

  1. Luka Sulit Sembuh

Kolagen tidak hanya memelihara kesehatan kulit, protein ini juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Sehingga, kekurangan vitamin C akan membuat berbagai luka lama untuk sembuh.

  1. Anemia

Vitamin C juga membantu dalam proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Hal tersebut menjadi sangat penting karena dapat mencegah penyakit anemia.

Anemia sendiri merupakan gangguan yang disebabkan karena ada penurunan jumlah dan kualitas dari sel darah merah dalam tubuh.


Gejala anemia (sumber: canva)

  1. Hipertiroidisme

Kekurangan vitamin C dalam jangka panjang dapat menyebabkan sekresi hormon pada kelenjar tiroid yang berlebihan. Hal ini akan memicu adanya pembengkakkan dalam kelenjar tiroid sendiri.

Kesimpulan Dampak Kekurangan Vitamin C

Malalui penjelasan di atas, kekurangan vitamin C akan membahayakan kesehatan tubuh kita masing-masing. Sebab, banyak sekali akibat dari kekurangan vitamin C ini.

Oleh karena itu, kita harus selalu memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-sehari. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi Nutriflakes, sebuah sereal yang berbahan dasar dari umbi garut.

Nutriflakes adalah sereal sehat yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Misalnya adalah mengatasi asam lambung dan memenuhi kebutuhan nutrisi.

Demikian uraian mengenai kekurangan vitamin C yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

Baca juga: Sumber Vitamin dan Mineral untuk Memenuhi Kebutuhan

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles