Selain nutrisi-nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, serat, dan lemak, tubuh juga membutuhkan gizi lainnya, yaitu vitamin. Salah satunya adalah vitamin A, di mana kebutuhan vitamin A per hari ini harus selalu terpenuhi.

Sebenarnya vitamin ini memiliki banyak sekali jenis, mulai dari vitamin A sampai vitamin E serta vitamin K. Dari sekian jenis vitamin-vitamin tersebut, masing-masing masih memiliki ragam yang berbeda-beda.

Namun, pada kesempatan ini kita akan membahas lebih spesifik pada vitamin A. Sebelum mencari tahu tentang kebutuhan akan vitamin ini, lebih baik kita mengenal lebih dalam apa itu vitamin A.

Apa itu vitamin A?

Sebenarnya vitamin adalah sebuah nutrisi organik yang dibutuhkan tubuh tetapi dalam jumlah yang kecil. Nutrisi ini memiliki berbagai fungsi biokimiawi yang umumnya tubuh tidak dapat menyintesisnya.

Oleh karena itu, tubuh memenuhi kebutuhan vitamin ini melalui makanan. Sebab, tubuh tidak bisa membentuk nutrisi vitamin itu sendiri. Salah satu jenis nutrisi organik atau vitamin ini adalah vitamin A


Tulisan vitamin A (sumber: canva)

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dapat larut dalam senyawa lemak atau cairan minyak. Jenis vitamin ini stabil atau tidak akan goyah jika dia bertemu dengan hawa panas, asam, dan alkali.

Namun, vitamin A bisa dengan mudah teroksidasi oleh udara dan selanjutnya mudah rusak ketika bertemu suhu tinggi. Vitamin A sendiri merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di dalam retina (selaput jala).

Sehingga vitamin A sangat berperan penting dalam sistem penglihatan. Namun, vitamin A masih memiliki peranan yang penting lainnya dalam tubuh.

Kebutuhan Vitamin A Per Hari

Orang yang membutuhkan vitamin A ini tidak hanya dari kalangan anak-anak saja. Hampir dari semua kalangan usia pasti membutuhkan vitamin A. Sebab, peran dari vitamin A yang sangat penting dalam menjalankan fungsi tubuh.

Selain itu, vitamin A banyak dikenal oleh banyak orang sebagai vitamin untuk kesehatan mata. Padahal jenis vitamin ini lebih dari itu, yang berarti manfaat dari vitamin A sebenarnya tidak hanya terbatas pada indra penglihatan saja.

Oleh karena itu, setiap hari manusia pasti memiliki kebutuhan akan vitamin A ini. Kebutuhan orang akan vitamin A per harinya pun berbeda-beda. Hal ini berdasarkan dari usia orang tersebut.

Berikut ini adalah angka kecukupan gizi untuk vitamin A yang didasari oleh usia.

Pada balita atau anak di bawah usia lima tahun membutuhkan asupan vitamin A sebanyak 400 IU. Sedangkan untuk anak-anak usia 4 sampai 9 tahun membutuhkan vitamin A sebesar 450 sampai 500 IU.

Lalu pada orang-orang remaja hingga orang dewasa, atau mulai dari 12 tahun ke atas membutuhkan vitamin A sebanyak 600 sampai 650 IU. Kemudian untuk ibu hamil dan menyusui memiliki kebutuhan akan vitamin A yang paling banyak, yaitu 900 sampai 950 IU.

Sedangkan dalam ukuran IU ini, 5000 IU hampir setara dengan 1,5 mg. Artinya, jumlah angka di atas ini sangatlah kecil. Oleh karena itu, dalam memenuhi vitamin ini mungkin lumayan mudah.


Wortel vitamin A (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa vitamin A merupakan salah satu nutrisi mikro karena kebutuhannya hanyalah kecil. Walaupun kecil, vitamin sangat berperan penting dalam kehidupan.

Kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin A per hari ini dengan mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Sebab, Nutriflakes menggunakan beberapa bahan-bahan alami yang bagus untuk kesehatan.

Salah satunya adalah kandungan daun kelor, di mana tumbuhan ini memiliki nutrisi yang kaya. Selain itu, daun kelor juga mempunyai kandungan vitamin A yang baik untuk tubuh. Bahkan kelor ini menjadi tumbuhan alternatif untuk menangani permasalahan gizi.

Artinya, dengan mengonsumsi Nutriflakes ini kita dapat memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Demikian ulasan mengenai apa itu vitamin A beserta kebutuhannya, semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles