Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Jenis-jenis Karbohidrat: Berdasar Struktur Kimia & Asalnya

Karbohidrat, sebuah zat gizi yang penting untuk makhluk hidup agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Selain itu, nutrisi ini ternyata memiliki jenis-jenis karbohidrat yang beragam dan sifat yang berbeda.

Seluruh makhluk hidup, khususnya manusia, pasti membutuhkan zat gizi karbohidrat. Sebab, karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh.

Tujuannya adalah agar sistem-sistem tubuh seperti sistem pencernaan, pernapasan, dll, dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Tentu saja karbohidrat ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, di antanya:

  • Sumber energi utama dalam tubuh.
  • Menghemat protein dalam tubuh.
  • Membantu metabolisme pada lemak.
  • Membantu mengeluarkan feses dari dalam tubuh.
  • Memberi rasa manis pada makanan.

Rata-rata konsumsi karbohidrat dalam makanan yang tubuh butuhkan adalah sekitar 65%. Sedangkan sisanya akan digunakan untuk metabolisme molekul lainnya, seperti protein, asam nukleat, dan lemak.

Senyawa karbohidrat ini merupakan senyawa yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Kurang lebih 80% kalori yang tubuh butuhkan dan dapatkan berasal dari senyawa karbohidrat ini.

manfaat karbohidrat bagi tubuh
Makanan karbohidrat (sumber: canva)

 

Jenis-jenis Karbohidrat

Zat karbohidrat yang kita butuhkan ini ternyata bisa terbagi menjadi beberapa bagian. Jenis-jenis karbohidrat ini dapat terklasifikasi berdasarkan struktur kimiawi atau asal karbohidrat itu sendiri.

Mari simak lebih lengkap mengenai klasifikasi karbohidrat di bawah ini:

  1. Berdasarkan Struktur Kimiawi

Merujuk pada struktur kimiawi, karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana ini masih terbagi menjadi dua jenis lagi, yaitu monosakarida dan oligosakarida.

  • Monosakarida adalah molekul dasar dari karbohidrat atau bisa juga berarti gula yang sederhana. Biasanya terdiri dari satu unit polisakharida aldehida atau
  • Oligosakarida adalah gula rantai pendek yang terdiri dari galaktosa, glukosa, dan fruktosa. Lebih jelasnya, oligosakarida dibentuk dari kondensasi dua sampai sepuluh monosakarida.

Sedangkan karbohidrat kompleks banya yang menyebutnya dengan polisakarida. Senyawa ini tersusun oleh lebih dua ikatan monosakarida dengan serat yang bernama polisakarida nonpati. Ringkasnya, polisakarida bisa tersusun oleh lebih dari 20 monosakarida.

Klasifikasi karbohidrat yang lebih lengkap ada pada tabel berikut ini:


Contoh klasifikasi karbohidrat (sumber: modul karbohidrat)

  1. Berdasarkan Asal Karbohidrat

Selain berdasarkan struktur kimiawinya, jenis karbohidrat juga bisa berdasarkan asal karbohidrat itu sendiri. Berikut ini adalah 3 jenis karbohidrat yang ada:

  • Pati, jenis karbohidrat yang berasal dari tanaman seperti biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan bertepung seperti pasta, mie, dan roti biasanya berbahan dasar pati ini.
    Salah satu contohnya adalah Nutriflakes, sereal umbi garut yang menggunakan pati garut untuk sumber karbohidratnya. Oleh karenanya, sereal Nutriflakes ini bisa memberikan rasa kenyang yang cukup.
  • Serat, adalah karbohidrat yang juga berasal dari tanaman. Contohnya roti gandum dan kacang-kacangan. Selain itu, sayuran yang biasanya dimakan bersama kulitnya bisa menjadi sumber serat yang baik.
  • Gula, yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti buah-buahan, susu, dan gula pasir. Sebenarnya tidak semua karbohidrat merupakan gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat.


Serat (sumber: canva)

 

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, jenis-jenis karbohidrat ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu berdasarkan struktur kimiawi dan asal karbohidrat itu sendiri. Di mana jika berdasarkan struktur kimiawi bisa dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Sedangkan berdasarkan asalnya, karbohidrat dapat terdiri dari pati, serat, dan gula.

Artinya, Nutriflakes dengan bahan utama umbi garut ini memang terbukti mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Sebab, umbi garut mengandung senyawa pati yang kaya, di mana pati adalah salah satu jenis karbohidrat.

Artikel Lainnya: Pohon Umbi Garut, Tanaman Kaya Gizi yang Masih Asing di Masyarakat

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis karbohidrat beserta klasifikasi karbohidrat yang perlu kita ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua.

 

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles