Home » Artikel Nutriflakes » Hubungan Asam Lambung dengan Infeksi Saluran Kencing

Asam lambung naik dan infeksi saluran kencing merupakan gangguan organ dalam yang letaknya hampir berdekatan. Lalu adakah hubungan asam lambung dengan infeksi saluran kencing?

Gangguan asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana otot cincin esofagus tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya yaitu cairan asam lambung bisa naik ke saluran kerongkongan karena tidak ada yang menutup jalur antara lambung dengan faring.

Hal tersebut didorong dengan suasana lambung yang lebih asam daripada biasanya. Suasana yang asam ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi dan masuk ke perut.

Oleh karena itu, penyebab utama dari asam lambung naik adalah pola makan yang tidak teratur serta gaya hidup tidak sehat. Sehingga penderita asam lambung sangat membutuhkan jadwal dan menu makan sehat setiap harinya.

Tanda atau gejala dari refluks asam lambung antara lain:

  • Panas dan nyeri di bagian perut hingga dada (heartburn).
  • Perut mual dan merasa ingin muntah.
  • Cepat kenyang padahal porsi makan hanya sedikit.
  • Perut kembung atau begah.

Sedangkan pada beberapa kasus, gangguan asam lambung yang sudah kronis bisa berupa muntah darah juga BAB dengan warna hitam.

Melalui penjelasan di atas, lalu di manakah infeksi saluran kencing dapat berhubungan dengan asam lambung naik?

Baca juga: Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik 6 Langkah Wajib Dicoba

Hubungan Asam Lambung dengan Infeksi Saluran Kencing

Kaitan atau hubungan antara gangguan asam lambung dengan saluran infeksi kencing ini sebenarnya tidak ada. Walau kedua gangguan ini merupakan penyakit dalam dan organ yang bermasalah hampir berdekatan.


Saluran kemih (sumber: canva)

Namun, antara asam lambung naik dengan infeksi saluran kencing memiliki saluran yang berbeda. Jika gangguan asam lambung terdapat pada sistem pencernaan, maka infeksi saluran kencing ada pada sistem kemih.

Infeksi saluran kencing adalah suatu kondisi di mana organ-organ dalam sistem kemih mengalami infeksi. Organ yang masuk dalam sistem kemih antara lain: ginjal, uretra, ureter, dan kandung kemih.

Penyebab utama dari infeksi ini adalah berkembangnya bakteri yang masuk melalui saluran uretra. Perkembangan bakteri sendiri terjadi pada kandung kemih. Jika tidak segera ditangani, bakteri tersebut dapat menginfeksi kandung kemih.

Gejala utama dari infeksi saluran kemih ini adalah rasa sakit ketika membuang air kecil (kencing). Selain itu, buang air kecil ini juga bersifat sering walau yang keluar hanya sedikit.

Urine yang dibuang pada penderita infeksi saluran kencing berwarna keruh atau juga bisa merah karena tercampur dengan darah.

Sama dengan asam lambung naik, komplikasi dari infeksi saluran kencing ini juga sangat berbahaya. Jika infeksi ini sudah mencapai organ ginjal, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ ginjal.

Tidak menutup kemunkinan bahwa infeksi ini dapat menyebar ke seluruh tubuh, yang kemudian akan menyebabkan peradangan badan.

pemesanan_nutriflakes
Nutriflakes Sereal Asam Lambung (maag dan GERD)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan sama sekali antara asam lambung naik dengan infeksi saluran kencing. Di mana asam lambung naik tidak mempengaruhi infeksi saluran kencing,


Titik infeksi saluran kencing (sumber: canva)

Begitu pula sebaliknya, infeksi saluran kencing tidak dapat mempengaruhi gejala asam lambung naik. Kedua gangguan ini memiliki mekanisme dan letak gangguan yang sangat berbeda.

Namun, kedua gangguan ini memiliki cara mencegah yang sama.  Salah satu cara untuk mencegah asam lambung naik dan infeksi saluran kencing adalah dengan meminum cukup air putih.

Tujuannya adalah air putih bisa menekan cairan asam untuk tetap di dalam lambung. Di lain pihak, dengan air putih ini kita bisa membilas bakteri melalui urine yang keluar.

Demikian pembahasan mengenai hubungan gangguan asam lambung dengan infeksi saluran kencing. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles