Asam lambung naik bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya, yang tak kalah mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah adanya hubungan asam lambung dan sakit pinggang.

Sakit pinggang adalah sebuah gangguan yang terjadi pada area punggung bagian bawah. Penderita sakit pinggang biasanya bisa merasakan rasa nyeri ini pada salah satu bagian kanan atau kiri.

Namun, pada kasus tertentu sakit pinggang juga dapat dirasakan di kedua sisi. Baik satu sisi maupun dua sisi, keduanya sama-sama membuat rasa tidak nyaman bagi yang menderita nyeri pinggang ini.

Pinggang yang nyeri paling umum disebabkan oleh cedera otot atau sendi pada pinggang. Hal ini dapat dikarenakan kita yang salah posisi, mengerjakan pekerjaan berat, atau melakukan pekerjaan berulang-ulang.

Di lain pihak, sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ lain seperti ginjal, tulang belakang, dan organ-organ pencernaan.

Sedangkan asam lambung naik merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, lebih tepatnya adalah organ lambung.

Artikel Lainnya: Pertolongan Saat Asam Lambung Naik, Lakukan Ini!

Gejala Sakit Pinggang

Sama seperti asam lambung naik, setiap orang dapat merasakan gejala sakit pinggang yang berbeda-beda. Artinya, ketika orang mengalami sakit pinggang, gejala yang dirasakan ini belum tentu sama satu orang dengan orang lainnya.

titik_sakit_pinggang
Titik sakit pinggang (sumber: canva)

Berikut ini adalah beberapa gejala sakit pinggang yang biasa terjadi:

  • Pinggang terasa seperti ditusuk dan pegal, ditambah dengan kaku-kaku.
  • Perasaan nyeri yang menjalar, dari pantat hingga ujung kaki.
  • Pergerakan menjadi sulit karena nyeri pinggang.
  • Ketika malam hari atau saat duduk biasanya sakit pinggang akan memburuk.
  • Selain itu, saat akan membungkuk atau berjalan menjadi lebih sulit.
  • Kaki terasa lemah dan mati rasa.

Sakit pinggang bisa berlangsung beberapa hari atau minggu. Tergantung dengan penyebab dari sakit pinggang itu sendiri.

Lalu berdasarkan ringkasan di atas, di manakah hubungan asam lambung dan sakit pinggang ini?

Hubungan Asam Lambung dan Sakit Pinggang

Sebenarnya hubungan kedua gangguan ini hampir mirip dengan hubungan dari asam lambung dengan nyeri punggung. Hal ini dikarenakan area nyeri dari sakit pinggang dan punggung hampir sama.

Menurut seorang dokter yang bernama Christian Haryanto sendiri, asam lambung naik bisa berhubungan dengan nyeri pinggang di sebelah kiri. Organ lambung memang terletak di sebelah kiri.

Hubungan antara asam lambung naik dan sakit pinggang adalah pada dampaknya atau yang sering disebut dengan komplikasi. Orang yang mengalami asam lambung naik akan merasakan nyeri dan rasa terbakar pada bagian perut.

Perasaan nyeri dan terbakar ini tentu setiap orang akan merasakannya dengan derajat yang berbeda-beda. Ada orang yang merasakan nyeri tetapi masih bisa menahan sakit. Namun, terdapat orang yang merasakan nyeri dan sulit dalam menahan sakitnya.

Nyeri pada perut yang tak tertahankan ini pun dapat menyebar hingga pada tubuh bagian belakang. Hal ini bisa disebut dengan nyeri punggung jika area yang sakit ada pada punggung area atas.

Namun, bisa juga dikatakan nyeri pinggang ketika nyeri yang menyebar ini pada punggung bagian bawah.

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa nyeri pinggang bisa disebabkan karena gangguan pada organ dalam lainnya. Khususnya, organ-organ yang berdekatan dengan pinggang, seperti ginjal, hati, lambung, dan lain sebagainya.

sakit_pinggang_sebelah_kiri
Sakit pinggang di sebelah kiri (sumber: canva)

Baca:

6 Langkah Pertolongan saat Asam Lambung Naik

Kesimpulan

Jika kita ingin mengatasi gangguan yang berhubungan, seperti asam lambung naik dan sakit pinggang ini, kita harus mengatasinya dari sumbernya. Pada kasus ini, sumber permasalahan dari sakit pinggang adalah gangguan asam lambung.

Oleh karena itu, kita harus menerapkan cara menjaga kesehatan lambung yang efektif. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Minuman serbuk yang sehat dan memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

pemesanan_nutriflakes

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles