Asam lambung naik memang bukan masalah kesehatan yang serius, tetapi gangguan ini dapat menyebabkan keadaan yang lebih serius. Contohnya adalah hubungan asam lambung dan gula darah rendah yang mungkin saja terjadi. Satu gangguan kesehatan saja sudah membuat tubuh tidak nyaman, apalagi jika dua gangguan kesehatn ini terjadi sekaligus.

Pada umumnya, komplikasi dari asam lambung memang lebih berbahaya, seperti esofagitis, barrett esofagus, kanker esofagus, hingga gangguan pernapasan. Namun, pada beberapa kasus ada penderita asam lambung yang mengalami sakit kepala dan badan lemas. Mungkinkah hal ini berhubungan erat dengan kadar gula darah yang rendah.

 

Hubungan Asam Lambung dan Gula Darah Rendah

Cek gula darah (sumber: canva)

Untuk mengetahui bagaimana hubungan antara gula darah dan refluks asam, mari lihat bagaimana penjelasan mengenai asam lambung. Asam lambung naik adalah suatu keadaan ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan karena beberapa kondisi.

Penyebab utamanya adalah katup sfingter esofagus bagian bawah yang tidak bisa bekerja dengan baik. Jika otot tersebut tidak bekerja, maka isi asam lambung bisa naik ke kerongkongan dengan mudah.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut, diantaranya:

  •   Konsumsi makanan pedas, berlemak, berminyak.
  •   Porsi makan yang terlalu banyak.
  •   Minum minuman berkafein.
  •   Stres.

a. Gejala Asam Lambung

Hubungan asam lambung dan gula darah rendah ini mungkin bisa datang dari akibat gejala refluks asam. Orang yang mengalami asam lambung naik akan mengalami beberapa gejala yang membuat tubuh tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa gejala asam lambung:

  •   Perasaan mual dan ingin muntah.
  •   Perut terasa penuh dan kembung.
  •   Ada sensasi panas di sekitar perut sampai dada.
  •   Nyeri perut.

Pada beberapa kasus, asam lambung yang sudah parah bisa membuat penderita sesak napas dan sulit untuk menelan makanan. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang tidak segera mengatasi asam lambung naik yang terjadi.

Baca: Darah rendah dan asam lambung bisa menyebabkan kematian? Cek faktanya

Artinya, asam lambung memang bukan masalah kesehatan yang serius, tetapi jika dibiarkan begitu saja juga tidak baik.

b. Asam Lambung Menyebabkan Gula Darah Rendah?

Apabila penderita asam lambung mengalami sulit menelan makanan, maka mereka menjadi malas untuk mengonsumsi makanan. Keadaan inilah yang membuat terdapat hubungan asam lambung dan gula darah rendah.

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dari makanan, maka penderita asam lambung bisa mengalami kurang gizi. Kekurangan asupan gizi ini selanjutnya dapat membuat kadar gula dalam darah menurun.

Jika gula darah menurun, penderita asam lambung akan mengalami hipoglikemia. Di mana gangguan hipoglikemia memberikan beberapa gejala seperti tubuh lemas, lapar, dan gampang gemetar.

Oleh karena itu, sebaiknya penderita asam lambung tetap mengonsumsi makanan walaupun sulit untuk menelannya.

 

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik


Tidak nafsu (sumber: canva)

Itulah bagaimana hubungan asam lambung dan gula darah rendah berasal. Jika demikian, akan bahaya jika gula darah rendah terjadi pada penderita asam lambung. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi asam lambung agar tidak terjadi turunnya gula darah:

  1. Coba untuk minum minuman herbal yang mengandung gula alami, seperti air hangat yang dicampur madu atau air kunyit dengan gula aren.
  2. Konsumsi makanan lembut yang mudah ditelan, seperti Nutriflakes. Sebuah sereal sehat yang didesain secara khusus dapat mengatasi asam lambung dan maag.
  3. Istirahat beberapa saat atau tidur dengan kepala yang ditinggikan.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung dan gula darah rendah. Beberapa cara di atas bisa dilakukan oleh penderita asam lambung di rumah dan tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung naik!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles