Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Gula Kelapa VS Gula Aren, Mana yang Lebih Sehat

Mungkin banyak orang yang merasa bingung jika ditanya tentang gula kelapa vs gula aren. Pasalnya kedua gula ini hampir sama dalam beberapa hal. Bahkan fungsinya juga sebagai pemanasan yang sama. Namun jika ditelisik lebih detail, kedua gula ini punya perbedaan signifikan. 

Mulai dari bahan pembuatan, kandungan, manfaat, hingga beberapa hal lainnya kerap jadi poin perbedaan dari kedu gula ini. Meski begitu, masih banyak orang yang ternyata belum paham tentang perbedaan kedu gula ini. Jika sudah mengenal, Anda akan tahu mana gula yang lebih sehat dipakai.

 

Poin Pembeda Gula Kelapa VS Gula Aren


Gula aren (sumber: canva)

Seperti yang sedikit sudah disinggung di atas, gula kelapa dan gula aren punya perbedaan yang signifikan meskipun banyak orang yang tidak menyadarinya. Keduanya memang bisa dijadikan sebagai pemanis makanan, namun dalam beberapa poin keduanya berbeda. Beberapa poin yang dimaksud adalah:

a. Sumber Pembuatan

Salah satu perbedaan paling menonjol dan paling dasar dari gula kelapa dan gula aren adalah soal sumber pembuatannya. Gula Kelapa merupakan gula yang dibuat hanya dari nilai pohon kelapa. 

Sedangkan gula aren dibuat dari pohon enau atau pohon aren yang tergolong sebagai kelas pohon palem. Sebenarnya pohon kelapa juga tergolong dari kelas atau spesies pohon palem. Hanya saja tentu pohon kelapa dan aren berbeda. 

b. Warna Yang Sedikit Berbeda

Jika hanya dilihat secar sekilas, memang gula kelapa dan gula aren ini akan terlihat sangat mirip. Banyak orang tidak bisa membedakan kedua gula ini dari warnanya karena hampir mirip. Meski begitu tetap ada perbedaan dari kedua warna gula ini yang harus dipahami. 

Gula aren umumnya punya warna coklat yang kuning kemerahan. Warna coklat yang dimiliki gula aren ini juga lebih terang dibandingkan warna coklat dari gula kelapa. Gula kelapa umumnya berwarna coklat gelap agak kemerahan.

Warna gula kelapa yang terlihat coklat gelap kemerahan, membuat gula kelapa kerap dijuluki atau disebut dengan gula merah. Untuk bisa lebih memahami kedua gula ini, coba sandingkan keduanya dan pahami betul bagaimana warna yang ada pada keduanya. 

c. Rasa dan Tekstur


Gula kelapa (sumber: canva)

Ciri khas gula kelapa vs gula aren selanjutnya ada pada rasa dan teksturnya. Gula aren rasanya sangat identik karena lebih apa adanya. Rasanya bisa dibilang lebih manis dari gula kelapa. 

Namun pada saat after taste, gula aren akan menimbulkan rasa agak pahit karena ada kandungan mineral dalam gula aren. Saat dimasak terlalu lama, gula aren akan berubah rasa menjadi lebih pahit dan mudah gosong.

Sedangkan gula kelapa lebih dikenal punya citarasa tinggi dengan tekstur yang lebih legit dari gula aren. Tekstur gula kelapa juga lebih empuk saat kering. Namun saat disentuh, gula kelapa punya tekstur yang padat dan lengket di tangan. 

Namun jika dibandingkan dengan gula aren yang kandungannya lebih alami dengan kadar glisemik yang rendah, gula kelapa ini punya kandungan lemak yang lebih tinggi. Sedangkan gula aren kandungan lemaknya rendah dan membuatnya terasa lebih alami. 

d. Kegunaan 

Meskipun sama sama punya rasa yang manis, namun gula kelapa dan gula aren salam praktiknya biasa digunakan untuk hal yang berbeda. Gula aren lebih sering digunakan untuk kebutuhan penbuatan minuman seperti teh, kopi, minuman boba, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan gula kelapa lebih sering digunakan untuk bahan pemanis makanan atau jajanan pasar seperti kue basah, cairan pemanis bubur sumsum, dan lain sebagainya. 

Dari empat perbedaan gula kelapa vs gula aren di atas, kini tentunya Anda sudah semakin paham saat akan menggunakan kedua gula tersebut. Bagaimanapun juga, kedua gula ini saat digunakan pada makanan yang kurang sesuai dengan fungsinya,  akan menimbulkan cita rasa yang berbeda.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles