Sudah jadi rahasia umum bahwa penderita GERD tidak bisa memakan sembarang makanan. Apalagi bila GERD yang diderita adalah GERD kronis. Alih-alih mengonsumsi satu menu makanan yang sama setiap harinya, ternyata ada menu food combining untuk penderita GERD.

Kombinasi dari berbagai macam jenis makanan ternyata bisa disesuaikan dengan selera dengan cara pengolahan yang juga beragam. Tidak ada lagi kata bosan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

 

Food Combining untuk Penderita GERD

Inti dari food combining penderita GERD adalah mengurangi lemak jenuh, makanan dengan asid tinggi, dan menjauhi pedas. Hindari juga makanan dengan tekstur tajam (sulit ditelan dan sulit dicerna). Berikut opsi food combining yang bisa dicoba.

1. Sayur dan Buah


Sayur dan buah (sumber: canva)

Kombinasi makanan pertama yang bisa dicoba adalah sayur dan buah. Salah satu contoh pengolahannya adalah dengan membuat salad campur. Untuk buah sendiri, gunakanlah buah dengan kandungan asam rendah seperti apel atau pir.

Pada sayur sendiri terdapat banyak pilihan yang bisa dikonsumsi, seperti halnya asparagus, sayur berdaun hijau, kacang kacangan, mentimun, dan lainnya. Untuk menyatukan cita rasa sayur dan buah bisa menggunakan minyak zaitun.

2. Oatmeal dan Yoghurt

Salah satu menu food combining untuk GERD yang adalah oatmeal. Menghindari nasi yang malah berpotensi membuat kembung atau kenyang dalam waktu singkat, oatmeal banyak dipilih karena memang enak dimakan.

Sebenarnya sah-sah saja mengonsumsi oatmeal tanpa tambahan apa pun. Namun untuk menambah gizi yang didapat selain serat dan protein, yoghurt bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Kombinasi keduanya ampuh menaikkan selera makan yang mungkin sudah lama hilang. 

Jangan lupa untuk memilih oatmeal tanpa tambahan gula. Pilih juga yoghurt plain tanpa tambahan perisa atau gula agar lambung tetap aman.

3. Food Combining untuk Penderita GERD: Jahe dan Madu 

Jahe dikenal sebagai bahan alami analgesik yang ampuh mengobati berbagai penyakit. Walaupun rasanya sedikit pedas, namun pedas yang ditimbulkan dari jahe baik untuk tubuh. Bila terlalu riskan untuk mencoba jahe utuh, tambahkanlah madu atau gula aren secukupnya.

Jahe juga berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh termasuk karena iritasi GERD. Felonik yang merupakan senyawa dalam jahelah yang berfungsi meredakan iritasi yang disebabkan oleh penyakit ini. Sedangkan madu tidak dipungkiri lagi punya banyak manfaat bagi tubuh.

4. Ikan dan Bayam

Food combining untuk penderita GERD yang hobi makan ikan bisa menyandingkannya dengan bayam. Ikan yang kaya akan lemak baik akan tubuh serta bisa memenuhi kebutuhan lemak yang hilang selama pengobatan.

Bayam yang juga sumber karbohidrat bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Bila ingin sehat, pilihlah bayam merah yang juga mengandung unsur zat besi dan nutrisi lain. Bayam dan ikan bisa sama-sama dikukus dan disajikan dalam satu waktu yang sama. 

Tidak perlu lagi menggunakan garam tambahan karena ikan sudah memiliki rasa gurih alami. Perlu diingat juga, jangan terlalu lama mengukus makanan agar kandungan nutrisinya tidak banyak hilang.

5. Telur Rebus dan Brokoli


Brokoli dan telur (sumber: canva)

Food combining untuk asam lambung atau GERD terakhir yang bisa dicoba yakni telur rebus yang dipadukan dengan brokoli. Namun, bila bisa jauhi untuk memakan kuning telurnya agar kandungan lemaknya tidak tercerna lambung.

Ada banyak jenis brokoli yang bisa disesuaikan untuk dijadikan kombinasi menu dengan telur rebus. Untuk brokoli sendiri, cara pengolahannya juga cukup beragam mulai rebus, kukus, dan lainnya yang tidak menggunakan minyak.

Food combining untuk penderita GERD di atas bisa dicoba sebagai pertolongan pertama. Jangan lupa susul dengan mengonsumsi obat yang sesuai agar sakit perut akibat maag bisa dikendalikan, bahkan dihilangkan secara efektif.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles