Kanker jadi salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Bahkan pemicunya tidak hanya dari pola hidup atau makanan, tapi juga komplikasi dari penyakit lain termasuk GERD. Sayangnya ciri ciri kanker tenggorokan karena GERD kronis tidak jarang diabaikan.

Kebanyakan menganggap ciri tersebut merupakan gejala GERD biasa dan tidak jarang diabaikan begitu saja. Pahami juga bahwa kanker tenggorokan terbagi jadi 3 jenis. Ketahui perbedaan dan ciri kanker tenggorokannya di sini.

Jenis-Jenis Kanker Tenggorokan


Sakit tenggorokan (sumber: canva)

Jenis-jenis kanker tenggorokan yang sudah teridentifikasi di dunia kedokteran cukuplah beragam. Intensitas kemunculan setiap jenis kanker juga cenderung berbeda. berikut jenis-jenis kanker tenggorokan yang perlu diketahui.

1. Karsinoma Sel Skuamosa 

Jenis kanker esofagus atau tenggorokan pertama yang paling sering menjangkit orang adalah kanker karsinoma. Jenis kanker ini sendiri terjadi di lapisan tenggorokan bernama mukosa. Sel kanker awalnya akan menginfeksi bagian atas hingga tengah tenggorokan.

2. Adenokarsinoma

Adenokarsinoma sendiri merupakan sel yang berfungsi memproduksi lendir. Karena banyak terjadi di bagian tengah tenggorokan, tidak jarang di awal infeksi sel kanker ini tidak menimbulkan ciri kanker kerongkongan.

3. Kanker Esofagus Lain

Lipoma, sarkoma, melanoma masuk juga dalam jenis kanker tenggorokan namun intensitas kemunculannya sangat jarang. Walaupun begitu, jenis kanker ini tetap memiliki ciri kanker tenggorokan yang cenderung sama dengan kanker jenis lainnya.

Ciri Ciri Kanker Tenggorokan karena GERD Kronis

GERD kronis yang juga bisa berdampak mengiritasi tenggorokan ternyata bisa juga komplikasi dengan kanker. Berikut 3 ciri utama yang bisa dijadikan patokan untuk waspada dan langsung konsultasi ke dokter terkait.

1. Nyeri Dada 

Waspadalah bila nyeri dada terjadi sangat parah dan dalam intensitas sering. Perlu dipahami umumnya sensasi heartburn tidak sampai membuat dada terasa ditimpa, bahkan hingga menyesakkan sulit untuk bernapas.

Ciri ciri kanker tenggorokan karena GERD kronis satu ini tidak jarang disalahartikan sebagai gejala penyakit jantung. Namun penyebab aslinya yakni sel kanker yang sudah menginfeksi esofagus dan mengakibatkan nyeri. 

Biasanya nyeri dada akan muncul tidak melihat aktivitas yang sedang dilakukan. Bila terjadi, segera pergi ke dokter untuk konsultasi lanjutan.

2. Sulit dan Nyeri saat Menelan


Sakit tenggorokan (sumber: canva)

Pernah merasa kesulitan untuk menelan sekalipun makanan dengan tekstur lembut? Bila iya, Anda patut waspada. Pada dasarnya, rasa sulit hingga nyeri pada tenggorokan memang lekat dengan iritasi esofagus akibat GERD.

Namun bisa juga infeksi yang parah menyebabkan kondisi negatif tertentu pada tenggorokan dan memicu kanker. Munculnya sensasi benjolan sekitar tenggorokan atau terasa saat menelan makanan juga bisa jadi salah satu ciri dari kanker tenggorokan. 

Benjolan bahkan bisa jadi tanda bahwa gejala penyakit sudah tergolong parah. Baiknya langsung lakukan konsultasi untuk segera melakukan tindak lanjutnya.

3. Perdarahan Esofagus, Ciri Ciri Kanker Tenggorokan karena GERD Kronis

Pendarahan di area esofagus memang tidak bisa dilihat secara langsung oleh penderita GERD. Namun munculnya gejala ini bisa diketahui dari feses yang berwarna kehitaman padahal pola makan sehat dan seimbang.

Warna feses yang gelap ini bersumber dari darah yang bercampur dengan makanan yang dicerna organ. Bila hal ini terjadi tidak sekali dua kali, maka baiknya langsung dikonsultasikan ke dokter terkait.

Terlebih bagi Anda yang menderita GERD kronis. Karena sangat memungkinkan bahwa gejala ini merupakan bagian dari ciri ciri kanker tenggorokan karena GERD kronis.

Jangan sepelekan bila gejala atau ciri di atas muncul bahkan secara sering. Baiknya jangan melakukan self diagnose, lebih baik untuk langsung menemui dokter agar bisa cepat ditindaklanjuti. Kanker masih sangat mungkin untuk disembuhkan bila masih di tahap awal.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles