Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Cara Meracik Daun Kelor untuk Asam Lambung dengan Mudah

Daun kelor mengandung beragam zat yang baik untuk kesehatan lambung manusia. Maka dari itu, ada banyak orang yang ingin tahu tentang bagaimana cara meracik daun kelor untuk asam lambung yang sedang naik. Sebab, daun kelor mampu meredakan gejala asam lambung yang sudah parah juga.

Daun kelor memiliki nama latin Moringa Oleifera dan mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, membuat daun kelor wajib dikonsumsi secara rutin.

 

2 Cara Meracik Daun Kelor untuk Asam Lambung


Olahan daun kelor (sumber: canva)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala asam lambung yang sedang naik, dan salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kendati demikian, masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara meracik daun ini.

Untuk membantu orang-orang yang sedang membutuhkan informasi tentang hal ini, berikut kami sampaikan informasi tentang cara meracik daun kelor untuk asam lambung naik yang mudah, yaitu:

 

a. Cara Meracik Daun Kelor Kering untuk Asam Lambung

Untuk membuat jenis minuman daun kelor yang satu ini, keringkan terlebih dahulu daun kelor yang akan digunakan tersebut. Meskipun rasa minuman ini tergolong pahit, tapi khasiat yang bisa diberikan minuman ini sangatlah besar.

Baca: Teh daun kelor untuk mengobati asam lambung

Metode mengeringkan daun kelor ini tidak akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga semua orang bisa melakukan cara ini dengan cepat. Sementara itu, untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 3-5 batang daun kelor yang sudah tua, air secukupnya, dan madu murni secukupnya.

Jika semua bahan tersebut sudah siap, lakukan beberapa tahapan ini untuk meraciknya:

  • Letakkan daun kelor di atas permukaan yang rata dan biarkan daun tersebut hingga mengering.
  • Setelah daun kelor sudah kering, pisahkan bagian daun dan batangnya dengan teliti. Lalu, haluskan daun tersebut dengan cara menumbuknya atau bisa juga dengan menggunakan blender.
  • Masukkan daun kelor yang sudah kering dan halus itu ke kantong teh, agar Anda bisa lebih mudah untuk merebusnya.
  • Kemudian masak air di panci kecil hingga mendidih, dan masukkan daun kelor setelah api kompor dimatikan.
  • Jika air sudah berubah warna menjadi sedikit hijau, angkat dan saring daunnya agar bisa lebih mudah untuk diminum.
  • Tambahkan madu murni secukupnya, lalu konsumsi minuman ini secara rutin di pagi hari dan sore hari.

b. Cara Meracik Minuman Daun Kelor dan Jahe untuk Asam Lambung


Olahan daun kelor (sumber: canva)

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, untuk jenis minuman daun kelor ini akan menggunakan jahe. Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat jenis minuman ini adalah 10 lembar daun kelor, 85 gram jahe, madu murni secukupnya, dan air secukupnya.

Setelah semua bahan tersebut sudah disiapkan, racik dengan menggunakan cara yang ada di bawah ini:

  • Bersihkan jahe terlebih dahulu, lalu potong jahe menjadi bagian-bagian kecil. Jika sudah, rebus potongan jahe tersebut dengan air secukupnya selama 10 menit.
  • Setelah air rebusan jahe sudah mendidih, matikan api dan masukkan daun kelor yang sudah dicuci bersih.
  • Tunggu selama beberapa menit dan saring campuran jahe dan daun kelor yang sudah mendidih tersebut.
  • Tambahkan madu murni secukupnya untuk menambah rasa manis yang ada pada minuman tersebut.
  • Selesai.

Kedua cara meracik daun kelor untuk asam lambung ini bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Selain itu, cara meracik daun kelor ini juga tidak membutuhkan bahan-bahan yang terlalu beragam. Jadi, Anda bisa membuatnya dengan mudah, praktis, dan cepat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles