Cara mengolah umbi garut ternyata mudah dan hampir mirip dengan mengolah jenis ubi lainnya. Hasil dari olahan umbi garut ini pun juga bervariasi bentuknya.

Umbi garut memiliki banyak kegunaan, mulai dari sebagai bahan makanan hingga dijadikan obat-obat tradisional. Sayangnya tanaman garut ini belum dimanfaatkan secara intensif oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat dari umbi garut ini selain untuk mendinginkan perut ketika asam lambung naik. Selain itu, umbi garut juga bisa dipergunakan untuk obat eksim dan memperbanyak jumlah ASI.

Baca Juga: Umbi Garut Terbukti Bisa Bantu Mengatasi Asam Lambung

Cara mengolah umbi garut ini sebenarnya mudah sekali, hampir sama dengan olahan ubi-ubi lainnya. Mari kita simak bagaimana cara memasak umbi garut yang baik.

Salah satu bentuk olahan keripik (sumber: canva)

Cara Mengolah Umbi Garut yang Mudah

Olahan umbi garut yang paling mudah adalah memasaknya menjadi camilan keripik. Olahan keripik ini sangat mudah untuk dilakukan dan dapat diterapkan di rumah masing-masing. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat keripik umbi garut.

  1. Cara memasak umbi garut untuk menjadi keripik yang pertama adalah cuci umbi garut terlebih dahulu.
  2. Lalu iris-iris umbi garut dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm.
  3. Taburi garam pada irisan tersebut kemudian diamkan selama setengah jam. Hal ini dilakukan supaya getah umbi hilang.
  4. Cuci kembali irisan umbi dan tiriskan.
  5. Setelah itu goreng irisan umbi dalam minyak yang panas. Jika ingin, ketika menggoreng boleh masukkan essen agar rasanya lebih terasa.
  6. Keripik umbi garut pun siap disajikan.

Demikian cara mengolah umbi garut yang mudah dan simpel. Selain itu, masakan ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Hasil Olahan Umbi Garut

Selain dimasak menjadi keripik, umbi garut dapat diolah menjadi berbagai produk makanan lainnya. Misalnya garut rebus, tepung garut, emping garut, dan masih banyak hasil olahan makanan lainnya.

Berikut ini adalah hasil olahan umbi garut yang perlu kita ketahui:

1. Tepung Garut

Kandungan zat pati yang banyak pada umbi garut ini adalah sumber dari pembuatan tepung garut. Pembuatan tepung garut sama dengan pembuatan jenis-jenis tepung lainnya.

Kandungan gizi yang baik dalam umbi garut membuat potensi tepung garut menggantikan tepung terigu semakin besar. Tekstur dan warna tepung garut pun sama dengan tepung terigu.

Baca juga: Keunggulan Tepung Umbi Garut yang Perlu Diketahui Masyarakat Indonesia

2. Emping Garut

Emping garut (sumber: putra travel)

Alternatif olahan umbi garut lainnya adalah emping garut. Pada umumnya, bahan dasar dari emping adalah melinjo.

Ternyata garut juga dapat dijadikan camilan emping. Tidak usah khawatir dengan rasanya, emping dengan bahan dasar garut ini tak kalah lezat dan renyah.

3. Jenang Garut

Hasil olahan umbi garut lainnya adalah jenang garut. Biasanya jenang garut ini disajikan bersama parutan kelapa.

4. Jentik Manis

Jentik manis (sumber: kabar lumajang)

Salah satu olahan umbi garut yang basah dan memiliki cita rasa yang manis adalah jentik manis. Jentik manis yang berbahan dasar umbi garut ini dapat dinikmati begitu saja atau bisa juga dimakan dengan minuman.

Biasanya jentik manis dari umbi garut ini disajikan bersama sekoteng atau ketika pembuatannya ditambahkan dengan sekoteng.

Baca juga: Adakah Efek Samping Umbi Garut?

Nutriflakes sebagai Salah Satu Olahan Umbi Garut

Terdapat hasil olahan umbi garut lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu sereal sehat Nutriflakes. Produk ini menggunakan umbi garut sebagai bahan utamanya sehingga keamanan dan manfaatnya terjamin sehat.

Sereal Nutriflakes menggunakan bahan alami lainnya untuk menambah nutrisi dan gizi. Bahan-bahan ini adalah psyllium husk, susu etawa, kelor, dan gula aren.

Bahan-bahan alami dalam Nutriflakes ini memberikan efek terapi yang berfungsi untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan.

Demikian ulasan mengenai cara mengolah umbi garut dan hasil olahan lainnya. Semoga dapat memberikan inspirasi dan manfaat yang berguna untuk kehidupan.