Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 3 Cara Mengolah Daun Kelor untuk Demam

Daun kelor sudah lama diakui memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Namun, cara mengolah daun kelor untuk demam harus benar agar khasiat dari daun tersebut dapat sempurna diserap tubuh.

Daun yang berasal dari Pegunungan Himalaya ini memiliki penampang daun yang kecil dan sekilas tampak seperti telur. Karena tanaman ini sangat mudah tumbuh, maka tidak sulit untuk menemukan tanaman dengan nama ilmiah Moringa oleifera ini di sekitar Anda.

 

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Demam

cara merebus daun kelor untuk darah tinggi
Daun kelor (sumber: canva)

Selain manfaatnya yang beragam, daun kelor juga memiliki cara pengolahan yang beragam pula. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk pengolahan daun kelor.

 

a. Ditumbuk Untuk Kompres

Baik anak-anak dan dewasa pasti kerap mengalami demam. Umumnya penyebab demam adalah masuknya benda asing ke dalam tubuh yang mengakibatkan sistem pertahanan tubuh beraksi. Meskipun sebenarnya tujuan demam ini baik, tetapi tentu menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sekarang ini sudah banyak patch untuk demam yang dijual bebas di pasaran. Namun, jika tidak memiliki lembaran seperti perban penutup luka ini, Anda juga dapat menggunakan daun kelor sebagai alternatifnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil daun kelor segar secukupnya. Setelah dicuci bersih, tumbuk daun kelor. Nantinya, tumbukan daun kelor tersebut dapat digunakan sebagai pengganti patch dengan meletakkannya di bagian dahi pasien demam.

 

b. Dibuat Teh

Banyak orang tidak mengetahui bahwa teh pun bisa dibuat dari daun kelor. Manfaatnya jelas sama baik dan bahkan lebih baik daripada teh biasa. Cara membuat teh dari daun kelor ini pun sangat mudah. 

Petik daun kelor yang masih muda. Biasanya Anda bisa mendapatkannya di bagian pucuk tanaman. Setelah terkumpul helaian daun sesuai yang diinginkan, cuci bersih daun tersebut. Letakkan daun yang sudah dicuci bersih di atas nampan.

Tutup dengan serbet bersih atau kertas khusus makanan, gunanya adalah untuk melindungi daun dari debu. Letakkan nampan berisi daun ke tempat yang sejuk dan jangan tempatkan di bawah sinar matahari langsung.

Tunggu daun hingga benar-benar kering. Jika sudah kering, Anda dapat menghaluskannya dengan cara ditumbuk maupun diblender. Simpan daun yang sudah ditumbuk di toples dan tutup rapat. Simpan toples di tempat kering.

Anda dapat menyeduh teh kelor seperti menyeduh teh biasa. Jika ingin menambah citarasanya, bisa ditambahkan madu sesuai selera. Dengan meminum teh kelor, maka bisa membantu menurunkan demam. 

 

c. Dibuat Sayur


Demam (sumber: canva)

Selain bisa membantu memperlancar asi pada ibu menyusui, daun kelor juga dapat menjadi asupan bergizi dan membantu menurunkan panas. Biasanya daun kelor tersebut akan diolah menjadi sayur pelengkap nasi.

Cara membuat sayur kelor adalah dengan mencuci bersih daun kelor yang akan dimasak. Porsinya tergantung kebutuhan dan juga selera. Setelah selesai dicuci hingga bersih, daun kelor dapat langsung dimasukkan bersama bahan untuk sop, sayur bening bayam dan aneka sup lainnya.

Sup sudah lama dipercaya dapat menurunkan demam karena kandungan kaldunya yang cukup. Selain itu, rempah dan juga vitamin dan mineral dari bahan lainnya juga menambah asupan nutrisi tubuh sehingga bisa lebih cepat sembuh.

Daun kelor yang kaya manfaat dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan maupun kecantikan, terutama mengatasi demam. Dengan memahami cara mengolah daun kelor untuk demam, maka tidak perlu panik ketika tidak mendapati obat penurun panas di rumah.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles