Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Cara Mengobati Asam Lambung dengan Gula Aren

Cara mengobati asam lambung dengan gula aren adalah topik yang paling banyak dicari belakangan ini. Bagaimana tidak? Bahan alami dengan harga yang terjangkau membuat masyarakat mampu menekan pengeluaran untuk obat kimia atau medis.

Gula aren adalah salah satu jenis gula yang diproduksi dari pohon aren yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memiliki kadar gula yang rendah dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, juga bisa mengatasi asam lambung. Berikut penjelasan lengkapnya!

 

Kandungan yang Ada Dalam Gula Aren


Gula aren (sumber: canva)

Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam gula aren agar semakin yakin untuk menjadikannya sebagai obat asam lambung:

1. Ribovlafin

Ribovlafin mampu membantu proses pembentukan energi, antibodi hingga memperbaiki sel yang rusak pada pencernaan. Inilah yang menjadi kandungan utama pada gula aren dan mampu mengatasi asam lambung.

2. Thiamin

Fungsi thiamin sebagai koenzim yang menguatkan sistem syaraf. Koenzim ini terdapat pada metabolisme energi.

3. Niacin

Niacin yang membantu proses metabolisme glukosa, lemak dan alkohol dalam tubuh. Selain itu juga bisa meningkatkan kerja otak dan menurunkan kolesterol.

4. Ascorbic Acid

Ascorbic Acid yang mampu mengatasi terjadinya asma dan kanker karena berfungsi sebagai antibiotik.

5. Kalsium

Seperti yang sudah diketahui bahwa kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan gugu, tulang dan lainnya. Gula aren juga mengandung energi, zat besi, fosfor dan protein tinggi.

Baca: Kunyit dan gula aren untuk mengobati asam lambung 

 

Bagaimana Cara Kerja Gula Aren dalam Mengatasi Asam Lambung?

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa asam lambung adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya produksi asam lambung yang mengakibatkan kerusakan pada saluran lingkaran otot. Apabila naik sampai esofagus maka dokter akan menyarankan pengobatan intensif.

Namun ada jalan lain yaitu menggunakan obat alami, salah satunya adalah gula aren. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa memahami cara mengobati asam lambung dengan gula aren sangat disarankan karena terdapat kandungan riboflavin yang baik untuk pencernaan dan meredakan asam lambung.

Kandungan tersebut mampu mengganti sel yang rusak sehingga diganti dengan sel baru dan tidak bermasalah lagi. Sampai sini bisa dipahami kan?

 

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Gula Aren


Gula aren cair (sumber: canva)

Sebenarnya cara mengobati asam lambung menggunakan gula aren ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan ini:

  1. Haluskan gula aren secukupnya, tidak terlalu banyak maupun sedikit sesuai dengan yang diperlukan.
  2. Didihkan air panas. Harus air panas ya agar tidak menyebabkan kembung.
  3. Campurkan air yang sudah dididihkan dengan gula aren yang sudah disiapkan.
  4. Konsumsi air rebusan gula aren tersebut selagi dalam keadaan hangat.

Anda bisa mengkonsumsinya satu kali dalam sehari. Seduhan gula aren dalam keadaan hangat di pagi hari mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada cincin esofagus. Selain itu juga bisa mengembalikan sel rusak di lambung yang disebabkan karena gesekan makanan.

Memanfaatkan gula aren untuk mengatasi masalah pada asam lambung menjadi salah satu alternatif yang cepat dan tepat jika tidak ingin terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia. Mengingat bahwa walaupun bisa menyembuhkan, tidak selamanya obat kimia bagus untuk dikonsumsi terus-terusan.

Bagaimana cara mengobati asam lambung dengan gula aren terbilang sangat mudah bukan? Anda cukup memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar dengan harga yang terjangkau. Proses pembuatannya juga tidak lama, cukup membutuhkan 5 hingga 10 menit saja. Namun penggunaannya jangan terlalu berlebihan ya agar tidak menimbulkan efek negatif lainnya. 

 

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles