Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Cara Memasak Daun Kelor Agar Tidak Pahit dan Resepnya

Cara memasak daun kelor agar tidak pahit menjadi salah satu informasi unik yang harus diketahui. Mungkin, tidak semua orang mengetahui seperti apa daun kelor. Wajar saja, mengingat daun kelor sudah jarang ditemukan di pasar. 

Padahal, dulunya tumbuhan ini mudah ditemukan di daerah beriklim tropis. Pada dasarnya, daun ini memiliki sejumlah vitamin dan dan sifat anti kanker. Sayangnya, daun ini memiliki rasa yang pahit. Lantas, bagaimana cara mengolahnya?

 

Cara Memasak Daun Kelor Agar Tidak Pahit


Daun kelor (sumber: canva)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, daun kelor memiliki rasa yang sedikit pahit. Untuk mengatasi rasa pahit pada daun kelor, sebelum memasak Anda dapat merebusnya sebentar, perebusan bisa dilakukan 3 hingga 4 menit saja. 

Hindari merebus terlalu lama, karena nantinya daun  kelor masih diolah menjadi masakan lain. Setelah perebusan selesai, kemudian remas dengan perlahan sampai air yang berasal dari daun menghilang.

Anda juga dapat membilas rebusan daun kelor tersebut dengan air matang, sehingga rasa pahit yang dimiliki daun kelor bisa benar-benar menghilang.

 

Resep Olahan Daun Kelor

Agar Anda dapat menikmati daun kelor yang lezat, berikut langkah untuk memasaknya, antara lain:

a. Sayur Bening

Salah satu cara memasak daun kelor untuk anak adalah mengolahnya menjadi sayur bening. Sayur bening kelor menjadi sayur yang mudah serta sering dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan daun kelor muda dengan warna hijau muda kurang lebih 1 ikat. 

Bila ingin lebih bervariasi, tambahkan jagung manis, kemudian siapkan temu kunci, penyedap rasa, garam dan air. Untuk cara memasaknya, rebus air, masukkan jagung, kemudian daun kelor, penyedap rasa, garam serta temu kunci. Masak jagung dan daun kelor hingga matang. 


b. Telur Dadar Kelor

Selain dibuat sayur bening, daun kelor juga bisa dikombinasikan dengan telur. Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan 3 hingga 4 butir telur sesuai dengan kebutuhan, kemudian masukkan dalam mangkuk. 

Jangan lupa, tambahkan bawang merah, seledri, daun bawang, cabai besar, cabai kecil serta daun kelor. Masukkan potongan berbagai bumbu dalam telur, tambahkan sedikit kaldu ayam, dan kocok lepas. 

Goreng campuran adonan sampai berwarna keemasan. Telur dadar dengan kombinasi daun kelor sudah siap untuk dinikmati. Sajian ini cocok untuk sarapan pagi hari. 


c. Jukut Roroban


Orang memasak (sumber: canva)

Ingin membuat sayuran khas daerah dengan menggunakan daun kelor? Salah satu pilihannya adalah jukut roroban. Jukut roroban merupakan sayur yang menjadi favorit masyarakat di Bali.

Pengolahan dari makanan ini sebenarnya mirip dengan sayur bening, tetapi sajian ini dimasak dengan tambahan santan serta bumbu yang dipergunakan juga jauh lebih kompleks. 

Bumbu yang digunakan adalah bumbu kuning. Untuk membuat bumbu kuning, Anda bisa menyiapkan kunyit, lengkuas, kencur, bawang putih dan bawang merah. Kemudian cabai merah besar, kecil, ketumbar, terasi dan gula aren, kemudian haluskan. 

Untuk mengolahnya, rebus daun kelor, kemudian remas agar air rebusannya keluar. Kemudian tiriskan daun dan masukkan air kedalam panci. Biarkan sampai mendidih. Sayur yang telah direbus, bumbu kuning dan daun salam segera masukkan. 

Biarkan sampai matang dan tambahkan garam, gula dan penyedap rasa. Kemudian kembali rebus sampai matang. 


d. Daun Kelor Tumis

Untuk memasak sayur ini, Anda hanya perlu menyiapkan bumbu bawang merah, putih dan cabai. Kemudian panaskan wajan dan goreng berbagai potongan bumbu. 

Tambahkan penguat aroma, garam dan daun salam. Jika sudah matang, masukkan sayur kelor. Tumis sayur kelor akan semakin nikmat dengan tambahan kacang panjang.

Cara memasak daun kelor agar tidak pahit bukan hanya mudah, tetapi banyak resep yang dapat kita variasikan. Jika ingin mengonsumsi daun kelor dengan rasa yang nikmat, Anda dapat memakan sereal Nutriflakes. Sereal sehat ini juga menggunakan daun kelor sebagai salah satu bahan alaminya, sehingga sehat dan bergizi.

 

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles