Penderita asam lambung memang harus selalu berhati-hati dengan jenis makanan yang mereka konsumsi. Lalu bolehkah penderita asam lambung makan tahu?

Gangguan asam lambung naik adalah kondisi di mana cairan asam dalam lambung naik ke saluran esofagus. Hal ini disebabkan karena melemahnya otot cincin yang membatasi kerongkongan dengan lambung.

Kinerja dari otot katup esofagus menurun bisa disebabkan karena beberapa makanan yang masuk ke dalam perut. Selain itu, stres yang dialami oleh seseorang juga akan mendorong menurunnya fungsi dari katup esofagus.

Akibatnya, asam lambung akan dengan mudah untuk keluar dari organ lambung dan mengalir ke saluran kerongkongan.

Melalui penjelasan di atas dapat dilihat bahwa penyebab utama dari refluks asam adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Selain kedua hal tersebut, terdapat pula jenis makanan tertentu yang mendorong produksi asam berlebih dan melemahkan katup esofagus.

Umumnya beberapa makanan ini akan masuk dalam daftar pantangan makanan bagi penderita asam lambung. Jenis makanan ini biasanya bersifat asam atau mengandung senyawa yang bisa memicu asam lambung.

Contohnya adalah makanan dengan kandungan minyak dan lemak tinggi, seperti gorengan dan daging merah. Selain itu, buah-buahan yang bersifat asam seperti jeruk dan tomat serta sayur-sayuran penghasil gas layaknya kubis, bunga kol, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Pola Minum Susu yang Baik untuk Penderita Asam Lambung


Bahan pangan tahu (sumber: canva)

Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Tahu?

Melihat penjelasan di atas, pemilihan makanan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi penderita asam lambung naik. Lalu bolehkah penderita asam lambung ini memakan tahu dan berbagai olahannya?

Tahu adalah bahan makanan yang berasal dari ekstrak protein dari kacang kedelai. Bersama dengan tempe, tahu merupakan bahan makan yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain harganya yang murah, tahu memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya.

Bahan makan ini berasal dari negara China dengan nama tao hu. Kata “tao” berarti kacang, sedangkan kata “hu” memiliki arti hancur. Artinya, nama tahu ini sebenarnya memiliki arti makanan yang terbuat dari kacang kedelai dengan proses yang dihancurkan.

Oleh karena itu, tahu adalah makanan padat yang cara pembuatannya melalui pemekatan protein kedelai lalu dicetak dengan pengendapan protein pada titik isoletrik globulin kacang kedelai.

Beberapa senyawa kimia atau nutrisi yang ada pada tahu antara lain: kalori, air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Air dan protein merupakan komposisi terbesar dari tahu ini.

Tahu sendiri bukan makanan yang memiliki sifat asam karena terbuat dari biji kacang-kacangan, yaitu kacang kedelai. Oleh karena itu, jawaban dari pertanyaan bolehkah penderita asam lambung makan tahu adalah boleh.

Bahan pangan tahu sangat aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Mungkin bisa menggantikan makanan protein yang memiliki kandungan tinggi lemak atau bersifat asam.

Artinya, tahu tidak akan memicu produksi asam dalam lambung menjadi berlebih.


Kedelai dan tahu (sumber: canva)

Baca juga: Mengenal Bahaya Teh untuk Asam Lambung

Proses Pembuatan Tahu

Sama seperti gula aren, pembuatan tahu ternyata melalui proses yang panjang. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat tahu:

  1. Pemilihan kacang kedelai.
  2. Pencucian kacang kedelai.
  3. Pengupasan kacang kedelai hingga bersih.
  4. Cuci kembali kacang kedelai yang sudah dikupas.
  5. Setelah itu, giling kacang kedelai hingga menjadi bubur dan tambahkan air panas sebanyak 8–10 kali berat kedelai.
  6. Masak bubur kacang kedelai selama 7–14 menit dengan suhu 100°C.
  7. Ekstraksi susu kacang kedelai dengan cara disaring.
  8. Koagulasi susu kedelai menggunakan garam.
  9. Memisahkan cairan (whey) dari gumpalan protein.
  10. Endapan protein ini kemudian dimasukkan ke dalam alat pencetak tahu.
  11. Pendinginan dengan diangin-anginkan atau direndam dalam air.

Dapat dilihat bahwa proses pembuatan tahu ini membutuhkan langkah-langkah yang panjang. Oleh karenanya, produksi tahu biasanya dilakukan dalam jumlah yang banyak.

Demikian ulasan mengenai bolehkah penderita asam lambung makan tahu. Penderita asam lambung tidak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi tahu serta olahannya.

Baca juga: Sereal untuk Asam Lambung yang Bisa Meredakan Asam Lambung

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles