Mengonsumsi karbohidrat memang penting, tetapi jika berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan yang baru. Berikut ini contoh makanan yang tidak mengandung karbohidrat, biasanya baik untuk orang yang ingin menjalankan diet.

Sebenarnya apa itu karbohidrat?

Karbohidrat adalah zat atau nutrisi yang menjadi kebutuhan utama semua makhluk hidup untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Sehingga beberapa sistem dalam tubuh manusia dapat berjalan dengan lancar dengan mendapatkan tenaga dari karbohidrat ini. Zat gizi karbohidrat ini memiliki fungsi utama sebagai sumber energi yang paling utama untuk tubuh.

Oleh karena itu, seseorang, khususnya penderita asam lambung, sangat membutuhkan karbohidrat ini untuk memulai akivitas sehari-hari. Artinya, karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi yang paling utama.

Selain itu, karbohidrat memiliki manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  • Menghemat protein dalam tubuh.
  • Membantu metabolisme pada lemak.
  • Membantu mengeluarkan feses dari dalam tubuh.
  • Memberi rasa manis pada makanan.

Makhluk hidup, khususnya manusia, yang tidak bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, akan terganggu aktivitas tiap harinya. Namun, mengonsumsi karbohidrat yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan.

Berikut Ini 4 Contoh Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

Ketika konsumsi karbohidrat dengan berlebih dan tidak diimbangi dengan olahraga akan menyebabkan naiknya berat badan. Jika naiknya berat badan ini terjadi terus-menerus, maka obesitas akan dialami oleh orang tersebut.

Oleh karenanya, orang yang mengalami obesitas pasti disarankan untuk melakukan diet karena obesitas bisa menyebabkan penyakit jantung dan lain sebagainya. Diet ini biasanya berupa pengurangan karbohidrat dengan berbagai makanan yang tidak mengandung karbohidrat atau mengandung karbohidrat rendah.

Berikut ini adalah contoh jenis makanan yang tidak mengandung karbohidrat:

1. Protein Hewani


Daging sapi tidak mengandung karbohidrat (sumber: canva)

Sebagian besar protein hewani tidak akan mengandung karbohidrat. Contohnya adalah daging sapi, daging ayam, daging, bebek, dan ikan. Namun, agar diet yang dijalankan dapat sukses dan efektif akan lebih baik memiliki daging yang rendah lemak dan minyak.

2. Buah-Buahan

Jenis buah yang tidak mengandung karbohidrat biasanya akan mengandung air yang lebih tinggi daripada buah lainnya. Selain itu, juga akan mengandung vitamin yang kaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Contoh dari buah-buahan ini adalah timun, lemon, kiwi, alpukat, dan berbagai jenis berry.

Baca juga: Mengenal Apa itu Karbohidrat Sederhana

3. Sayur-Sayuran


Sayur bayam (sumber: canva)

Jenis sayur yang mengandung tinggi serat akan terbebas dari kandungan karbohidrat. Oleh karena itu, jenis sayur ini sangat disarankan bagi orang yang ingin menjalankan program diet agar terhindar dari gangguan obesitas.

Contoh dari sayuran ini adalah brokoli, bayam, kangkung, sawi, dan selada. Sayuran ini sangat rendah karbohidrat tetapi tinggi akan serat, vitamin, juga antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

4. Produk Olahan Tambahan


Keju tidak mengandung karbohidrat (sumber: canva)

Olahan susu seperti keju dan yoghurt merupakan contoh makanan yang tidak mengandung karbohidrat tinggi. Produk olahan susu ini juga tinggi serat dan kalsium yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Kesimpulan Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

Berbagai jenis makanan di atas sangat cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai berat badan berlebih. Artinya, harus mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung rendah karbohidrat.

Baca Juga: Jenis Makanan Sumber Karbohidrat yang Sehat

Umumnya, makanan ini tidak akan memiliki rasa yang manis karena kandungan karbohidratnya yang rendah. Selain makanan di atas, kita juga bisa mengonsumsi Nutriflakes, sebuah sereal sehat yang cocok untuk dijadikan menu yang menemani program diet.

Nutriflakes juga memberikan karbohidrat yang cukup dan tidak berlebihan. Sehingga selain mendapatkan rasa kenyang, kita juga akan terhindar dari obesitas. Sereal Nutriflakes ini juga menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak akan memberikan efek samping untuk kesehatan.

Salah satunya adalah umbi garut yang menjadi sumber karbohidrat dari Nutriflakes ini. Di mana karbohidrat ini diambil dari sari pati garut yang memang mengandung karbohidrat yang baik untuk kesehetan.

Demikian artikel mengenai berikut ini contoh makanan yang tidak mengandung karbohidrat, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles