Home » Artikel Nutriflakes » Asam Lambung Naik, Berat Badan Turun Drastis? Ini Cara Mengatasinya

Gangguan asam lambung naik, berat badan turun drastis memang mungkin terjadi. Asam lambung naik ini memang sebuah penyakit yang bisa menggangu aktivitas tiap harinya, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Penyakit asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana katup esofagus tidak bisa menjalankan tugasnya sehingga carian asam dapat naik ke saluran kerongkongan. Pada kondisi yang sehat, katup esofagus seharusnya dapat menurup setelah makanan masuk ke dalam lambung.

Namun, pada penderita asam lambung katup ini tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga cairan asam dapat melewati sfingter esofagus. Jika kondisi ini terus-menerus berlangsung dan dalam seminggu dapat terjadi sebanyak dua kali, maka penyakit ini sudah berubah menjadi GERD.


Berat badan yang turun drastis (sumber: canva)

Berat Badan Turun Drastis Karena Asam Lambung

Ketika asam dalam organ lambung ini naik ke saluran kerongkongan, cairan tersebut dapat mengritasi jalur yang dilewatinya. Misalnya memberikan luka pada otot sfingter esofagus sehingga muncul penyakit barret esofagus.

Hal ini lah yang menyebabkan asam lambung membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Salah satu gejalah asam lambung naik ini adalah mual dan muntah, serta rasa nyeri dan kembung di sekitar perut.

Selain itu, kerongkongan yang teriritasi karena cairan asam bisa menyempitkan saluran tersebut sehingga penderita asam lambung akan kesusahan dalam menelan makanan.

Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, seseorang yang menderita asam lambung akan kehilangan nafsu makan. Tidak adanya keinginan untuk makan menyebabkan orang secara tidak sadar akan mengurangi porsi makannya.

Pola makan pada hari-hari biasanya akan terganggu dan nutrisi yang dibutuhkan tiap harinya belum tentu terpenuhi.

Berat badan pun akan menurun drastis ketika porsi makan tidak terpenuhi seperti biasanya. Oleh karena itu, asam lambung dianggap dapat menyebabkan berat badan yang turun secara drastis.

Melalui penjelasan ini, berat badan yang menurun drastis dapat dikatakan sebagai salah satu komplikasi dari penyakit asam lambung naik.

Baca juga: Begini Cara Diet Bagi Penderita Asam Lambung

Cara Menjaga Berat Badan yang Sehat

Berat badan yang terus menurun karena asam lambung ini tentu akan berbahaya bagi seseorang. Berat badan yang turun drastis menjadi sebuah tanda yang mengindikasikan bahwa orang kekurangan nutrisi atau gizi.


Alat timbangan berat badan (sumber: canva)

Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi bahan pangan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, zaitun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

Bahan-bahan pangan tersebut sangat disarankan bagi penderita asam lambung yang memiliki kesulitan dalam memenuhi nutrisi dan menjaga berat badan.

Selain masih banyak cara lainnya bagi penderita asam lambung untuk megatasi berat bada yang turun secara drastis. Berikut ulasannya:

  1. Perbanyak konsumsi karbohidrat sehat seperti nasi merah atau buah-buahan segar.
  2. Konsumsi camilan-camilan sehat.
  3. Meminum minuman kaya nutrisi seperti jus, susu, dan lain sebagainya.
  4. Hindari konsumsi cairan sebelum makan besar. Asupan cairan sebelum makan bisa membuat perut kembung dan merasa kenyang.
  5. Perbanyak makanan yang mengandung nutrisi atau kalori.

Namun, cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, juga menyesuaikan pola makan yang lebih teratur. Kedua cara ini bisa mencegah gangguan asam lambung naik, sehingga berat badan yang turun juga akan terhindar.

Sebaiknya, hindari juga makanan-makanan yang dapat menyebabkan produksi asam pada lambung naik, seperti makanan asam, pedas, atau berlemak tinggi. Minuman beralkohol dan kerkafein juga harus dihindari.

Cara lainnya bisa dengan mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes, sebuah produk sehat yang memiliki efek terapi. Efek tersebut berfungsi untuk mengatasi asam lambung naik serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Hal ini dikarenakan Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang terjamin kualitasnya.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles