Sebenarnya sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi, masih banyak bahan pangan lainnya yang mengandung karbohidrat. Apakah ubi mengandung karbohidrat?

Karbohidrat adalah nutrisi atau zat gizi yang sangat penting agar manusia dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Senyawa ini sebenarnya termasuk dalam senyawa organik yang berasal dari proses fotosintesis tumbuhan.

Oleh karena itu, karbohidrat ini sangat mudah ditemukan di alam dan biasanya terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Artinya, karbohidrat tidak hanya ditemukan dalam bahan pangan beras saja.

Beberapa jenis buah juga ada yang mengandung karbohidrat atau hidrat arang, contohnya adalah pisang, mangga, dan lain sebagainya. Selain itu, gandum beserta olahannya juga mengandung karohidrat yang baik untuk kesehatan.

Justru nasi yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia ini bisa memberikan masalah kesehatan ketika kita mengonsumsinya dengan berlebihan. Hal ini disebabkan karena indeks glikemik dalam nasi putih yang bisa dikatakan tinggi.

Artinya, ketika kita mengonsumsi nasi putih secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit diabetes karena kandungan gulanya. Oleh karenanya, kita bisa mengganti nasi dengan bahan pangan lainnya.

 

Apakah Ubi Mengandung Karbohidrat?


Ubi kayu (sumber: canva)

Ubi adalah istilah untuk menyebut tanaman yang memiliki umbi atau bagian akar yang membesar. Bagian ini bisa membesar karena terjadi penumpukkan nutrisi di area tersebut. Oleh karena itu, manusia atau hewan bisa memakan bagian tersebut.

Lalu apakah tanaman ubi-ubian ini mengandung karbohidrat yang kita butuhkan?

Jawabannya adalah iya, sebagian besar jenis ubi di dunia ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain itu, kandungan senyawa ini tidak kalah dengan nasi dengan indeks glikemik yang dibilang lebih rendah juga.

Baca juga: Gandum, Apakah Sumber Karbohidrat yang Baik?

 

Berbagai Macam Jenis Ubi

 Terdapat beberapa jenis ubi yang bisa menjadi pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat kita. Berikut ini adalah beberapa ubi yang mengandung karbohidrat tinggi:

 

1. Singkong (Ubi Kayu)

Salah satu tanaman ubi yang sangat terkenal dan populer di masyarakat Indonesia adalah singkong. Karbohidrat dalam singkong sebenernya hampir sama dengan nasi. Setiap 100 gram singkong bisa mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram.

Selain karbohidrat, singkong juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, senyawa antioksidan, dan beberapa mineral penting.

 

2. Ubi Jalar


Ubi jalar (sumber: canva)

Jenis ubi ini juga bisa kita manfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Dalam 100 gram ubi jalar akan mengandung 86 kkal kalori atau setara dengan 20 gram karbohidrat. Cara mengolah dari ubi ini pun juga bermacam-macam, seperti direbus, panggang, atau digoreng.

Terdapat beberapa warna yang berbeda dalam ubi jalar, yaitu: ubi ungu, ubi kuning, dan ubi merah.

 

3. Ubi Rambat

Jenis ubi ini selalu dianggap sama dengan ubi jalar. Walaupun keduanya sama-sama berasal dari tanaman yang merambat, tetapi kedua ubi ini ternyata berbeda.

Jika ubi jalar identik dengan warnanya yang berbeda-beda, ubi rambat justru hanya memiliki daging ubi yang berwarna putih. Berbeda jenis artinya akan berbeda jumlah atau berat nutrisi yang dikandung.

Namun, ubi ini masih sama-sama memiliki kandungan karbohidrat.

Baca juga: Apa Saja Sih Unsur Penyusun Karbohidrat?

 

Kesimpulan Ubi sebagai Sumber Karbohidrat

Berdasarkan penjelasan di atas, ternyata masih banyak bahan pangan lain yang bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Salah satunya adalah beberapa jenis ubi seperti ubi kayu, ubi jalar, dan ubi rambat.

Selain itu juga menjawab pertanyaan mengenai apakah ubi mengandung karbohidrat. Di mana jawabannya adalah iya, ubi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Selain beberapa bahan pangan di atas, Nutriflakes ternyata juga bisa dijadikan makanan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Hal ini dikarenakan Nutriflakes menggunakan umbi garut sebagai bahan utamanya.

Di mana umbi garut memiliki kandungan pati yang juga kaya akan karbohidrat. Bahan-bahan alami yang digunakan dalam Nutriflakes pun membuat makanan ini terbebas dari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga: Umbi Garut, Tanaman Kaya Gizi yang Masih Asing di Masyarakat

Nutriflakes justru memberi manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi asam lambung naik, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai apakah ubi mengandung karbohidrat, semoga bisa mencerahkan hari-hari kita semua.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles