Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Apakah Susu Kambing Etawa Baik untuk Asam Lambung?

Apakah susu kambing etawa baik untuk asam lambung? Pertanyaan semacam ini merupakan hal yang sangat wajar karena susu kambing etawa itu sendiri sudah dikenal sebagai susu yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. 

Sedangkan asam lambung kalau kondisinya naik, akan menimbulkan gangguan yang sangat tidak menyenangkan. Diantaranya menyebabkan penderita merasa mual bahkan ingin muntah, mulutnya terasa asam atau pahit dan ada rasa seperti terbakar di bagian dadanya.

 

Jawaban Apakah Susu Kambing Etawa Baik untuk Asam Lambung


Susu kambing (sumber: canva)

Ada yang percaya bahwa susu kambing etawa mampu memulihkan asam lambung yang naik. Alasannya adalah karena di dalam susu tersebut ada kandungan alkalin dan zat antasida. Adapun alkalin dan zat antasida merupakan dua hal yang biasa ada dalam obat untuk asam lambung. 

Zat antasida dan alkalin diketahui berfungsi untuk menurunkan asam lambung. Sementara itu, masih belum ada penelitian yang secara gamblang menyatakan bahwa susu kambing etawa bisa menyembuhkan asam lambung. 

Hanya saja, susu kambing etawa tetap bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Namun dengan catatan, susu tersebut harus steril. Sebenarnya susu kambing etawa itu sendiri sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. 

Tetapi kalau dalam kasus penyakit asam lambung, sebaiknya juga imbangi dengan obat-obatan yang memang berfungsi untuk itu. Selain itu, dukung pula dengan upaya-upaya lainnya seperti menghindari makanan pedas dan asam agar lekas pulih. 

Sampai di sini sudah bisa menarik kesimpulan soal apakah susu kambing etawa baik untuk asam lambung bukan?

 

Opsi Lain Mengatasi Asam Lambung Naik selain Konsumsi Susu Kambing Etawa


Susu kambing (sumber: canva)

Susu kambing etawa memang bagus dikonsumsi setiap hari karena memang manfaatnya untuk pencernaan sudah terbukti. Hanya saja, konsumsinya jangan sampai berlebihan. Dan untuk penderita asam lambung, bisa juga lakukan berbagai hal berikut agar keluhannya lekas mereda. 

a. Istirahat yang Cukup dengan Posisi Kepala yang Lebih Tinggi

Penderita asam lambung sangat disarankan untuk istirahat yang cukup. Kalau istirahatnya ini dilakukan dengan berbaring, usahakan agar kepalanya lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Tujuannya adalah untuk mencegah supaya asam lambung tidak naik ke kerongkongan. 

Selain itu, berbaringnya juga bisa dilakukan dengan menghadap ke arah kiri. Sebab, menurut keterangan yang ada dalam Journal of Clinical Gastroenterology, tidur menghadap ke kiri akan membantu mencegah asam lambung agar tidak naik.

b. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur adalah hal yang sangat tidak disarankan, termasuk pada penderita asam lambung. Hal ini karena tubuh memerlukan waktu untuk mencernanya dan makan larut malam malah akan memicu asam lambung jadi naik. 

Oleh karenanya, penderita tidak diperkenankan makan sesaat sebelum tidur. Kalaupun ingin makan, usahakan sekitar 2 jam hingga 3 jam dari waktu tidur biasanya. 

c. Makan Dalam Porsi Kecil Namun Terlalu Sering

Alih-alih makan satu kali dalam porsi yang banyak, sebaiknya penderita makan tiga kali dalam porsi kecil. Pasalnya, makan dalam porsi yang besar akan membuat lambung jadi harus bekerja ekstra memproduksi asam lambung untuk mencerna semua makanan tersebut. 

Jadi memang sangat disarankan untuk penderita makan dalam porsi kecil saja. Makan hingga 5 kali dalam sehari juga tidak masalah karena ini lebih baik dibandingkan dengan maka sekali sehari dalam porsi besar sekaligus. 

Sekali lagi, perihal apakah susu kambing etawa baik untuk asam lambung atau tidak, belum ada penelitian yang secara jelas menyatakan hal tersebut. Namun penderita juga tidak dilarang kalaupun ingin mengonsumsinya asalkan susu tersebut dikonsumsi dalam kondisi steril.  

Lalu, agar asam lambung ini lekas kembali seperti sedia kala, sebaiknya imbangi juga dengan menerapkan pola hidup sehat dan jangan sembarangan konsumsi makanan.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles