Dewasa ini, bagi yang awas dengan seberapa banyak karbohidrat yang masuk dalam tubuh mulai mengganti nasi dengan roti. Lalu apakah roti mengandung karbohidrat.

Karbohidrat memang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Di mana zat ini memberikan energi yang akan kita gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tanpa asupan karbohidrat, kita semua tidak akan memiliki tenaga untuk menjalani kegiatan. Selain itu, badan juga bisa merasakan lemas karena tidak ada energi ataupun cadangan tenaga yang tersimpan.

Bagi masyarakat Indonesia, mereka memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi nasi setiap harinya. Namun, apakah hanya nasi yang dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat? Mengingat karbohidrat merupakan senyawa organik yang sangat melimpah di dunia.


Country bread (sumber: canva)

Berbeda dengan masyarakat Indonesia, masyarakat Barat justru jarang mengonsumsi nasi. Mereka terbiasa sarapan dengan menggunakan macam-macam roti yang diproduksi.

Mungkin dipikiran kita dengan mengonsumsi roti, kita tidak akan mendapatkan rasa kenyang yang diinginkan. Selain itu, masyarakat Indonesia telah memiliki anggapan bahwa “belum makan kalau belum makan nasi”.

Hal ini semakin menguatkan posisi nasi sebagai sumber karbohidrat bagi masayarakat Indonesia. Padahal sumber karbohidrat bisa didapatkan dari bahan pangan lainnya.

Baca Juga: Jenis Nasi yang Mengandung Karbohidrat dan Banyak Disukai

Apakah Roti Mengandung Karbohidrat?

Roti adalah sebuah produk makanan yang terbuat dari tepung terigu, ragi, gula, garam, dan air dengan teknik fermentasi. Setelah itu dipanggang dengan tujuan untuk mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan.

Apakah roti mengandung zat karbohidrat?

Tentu saja iya.

Oleh karenanya, selain masyarakat Indonesia, banyak yang mengonsumsi roti untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Selain karbohidrat, roti juga memiliki kandungan seperti vitamin dan mineral.

Artinya, roti sebenarnya tidak kalah dengan nasi yang sering kita konsumsi. Beberapa roti juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mudah untuk diproses oleh sistem pencernaan.


Fiber bread (sumber: canva)

Produk olahan roti ini ternyata memiliki berbagai jenis. Berikut ini adalah 5 contoh jenis roti yang harus kita ketahui:

  • Roti manis, merupakan jenis roti yang memiliki rasa manis yang sangat menonjol. Sehingga kadar gulanya juga tinggi.
  • Country bread adalah roti tanpa gula dan margarin. Jenis roti ini lah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Eropa.
  • Rey bread, roti dengan tekstur keras dan terbuat dari tepung rey dengan proses fermentasi yang lama. Roti ini juga sangat terkenal di masyarakat Eropa.
  • Fiber bread, roti dengan penambahan biji-bijian grain untuk meningkatkan serat. Biasanya roti ini dicampur dengan oats, barley, dll.
  • Roti tawar, roti berwarna putih dengan tekstur yang lembut.

Bagi masyarakat Indonesia, roti tawar adalah jenis roti yang paling umum diketahui. Daripada nasi, roti tawar ini sebenarnya mengandung kalsium dan zat besi yang lebih tinggi. Selain itu, roti tawar juga memiliki kandungan gizi seperti vitamin B6 dan magnesium.

Selain itu, roti tawar ternyata mengandung serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Dalam memberikan kalori atau tenaga, roti masih bisa memberikan rasa kenyang yang cukup.

Baca juga: Apa itu Karbohidrat Sederhana?

Kesimpulan Apakah Roti Mengandung Karbohidrat


Roti tawar (sumber: canva)

Berdasarkan penjelasan di atas, pertanyaan mengenai apakah roti mengandung karbohidrat sudah terjawab. Roti memang mengandung karbohidrat sehingga dapat dijadikan makanan pengganti nasi bagi yang bosan dengan beras putih.

Selain itu, kandungan gizi yang ada pada roti tidak kalah dengan nasi putih. Walaupun untuk memberikan rasa kenyang memang masih ampuh nasi putih.

Selain nasi dan roti, Nutriflakes sebenarnya juga dapat memberikan rasa kenyang yang cukup untuk kita menjalani aktivitas sehari-hari. Nutriflakes memiliki kandungan zat karbohidrat yang beasal dari umbi garut yang menjadi bahan utamanya.

Sereal sehat ini menggunakan beberapa bahan alami lainnya seperti kelor, susu kambing etawa, psyllium husk, dan gula aren. Oleh karenanya, mengonsumsi Nutriflakes tidak akan memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan.

Justru kita akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan seperti mengatasi asam lambung naik, mengurangi kolesterol, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai apakah roti mengandung karbohidrat, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Baca juga: Apakah Pisang Mengandung Karbohidrat?

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles