Bagi masyarakat Indonesia, makanan yang mengandung karbohidrat adalah makanan berat seperti nasi, jagung, kentang, dan lain sebagainya. Padahal terdapat buah yang bisa dijadikan sumber karbohidrat. Apakah pisang mengandung karbohidrat?

Permasalahan masyarakat Indonesia yang utama adalah kita hanya mengenal nasi sebagai sumber karbohidrat. Oleh karenanya, setiap kali sarapan, makan siang, sampai makan malam pun pasti menggunakan nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Sedangkan buah-buahan hanya dikenal sebagai sumber vitamin, yang akan dikonsumsi jika kita terkena serangan penyakit tertentu. Hal ini mungkin tidak disadari oleh masyarakat Indonesia karena memang sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Padahal terlalu banyak mengonsumsi nasi pun bisa menjadi permasalahan di kemudian hari. Jika tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin, konsumsi karbo yang berlebihan bisa menaikkan berat badan.

Apalagi jika umur semakin tua, di mana metabolisme tubuh semakin berkurang. Oleh karenanya, konsumsi karbohidrat ini perlu diperhatikan.

Sebenarnya konsumsi akan karbohidrat ini bisa diganti dengan makanan yang lebih sehat. Maksudnya adalah karbohidrat yang tidak berlebihan tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan tiap harinya.

Salah satu alternatifnya adalah buah-buahan atau sayur-sayuran yang kaya nutrisi.

 

Apakah Pisang Mengandung Karbohidrat?


Semangkok pisang (sumber: canva)

Dari banyaknya pilihan buah-buahan di dunia ini, kita harus mengetahui buah apa saja yang bisa kita jadikan pengganti makanan karbohidrat.

Lalu apakah pisang menjadi salah satu buah yang mengandung karbohidrat?

Pisang merupakan buah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan pohonnya pun bisa kita temui di pinggir-pinggir jalan atau pada perkebunan. Sebab, pohon pisang sangat mudah untuk hidup di iklim tropis seperti Indonesia.

Menurut Journal of Nutrition College, pisang adalah buah yang menjadi sumber karbohidrat, mineral, vitamin B6, dan vitamin C yang tinggi. Tekstur dari buah ini juga sangat lembut dan lunak sehingga sangat mudah oleh sistem pencernaan manusia untuk mengolahnya.

Dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa pisang sangat berpotensi dalam menangani kelelahan karena mengandung karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi.

Kombinasi nutrisi berupa karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan antioksidan membuat pisang menjadi sumber zat gizi yang baik untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Artinya, pisang dapat menjadi sumber energi yang kita butuhkan dalam menjalani kegiatan.

Baca juga: Apakah Ubi Merupakan Sumber Karbohidrat?

 

Kandungan Gizi dalam Pisang


Sekumpulan pisang (sumber: canva)

Selain karbohidrat, mineral, vitamin B6 dan vitamin C, pisang ternyata juga mengandung beberapa zat gizi, seperti: 373 gram kalium serta 335 gram vitamin A per 100 gram pisang.

Sebenarnya banyaknya jumlah setiap nutrisi ini tergantung dari jenis-jenis pisang yang kita pilih. Namun, jenis zat gizi yang ada dalam setiap jenis pisang pasti sama.

Misalnya, setiap 100 gram pisang ambon akan mengandung energi 102,89 kkal, 72 gram air, 25 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan 217 gram kalium.

Sedangkan dalam 100 gram pisang raja akan mengandung 116 kkal energi, 67,3 gram air, 31 gram karbohidrat, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, dan 465 miligram kalium.

Artinya, setiap jenis pisang hanya berbeda berat setiap zat gizinya.

Baca Juga: Sering Digunakan Sarapan, Apakah Roti Mengandung Karbohidrat?

 

Kesimpulan Buah yang Mengandung Karbohidrat

Melalui penjelasan di atas terjawab sudah pertanyaan mengenai apakah pisang mengandung karbohidrat. Buah pisang bisa menjadi sumber karbohidrat yang kita butuhkan dan energi untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain itu, pisang juga memiliki berbagai nutrisi lain yang sangat sehat untuk kesehatan tubuh.

Selain pisang, kita bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan Nutriflakes. Di mana sumber karbohidrat dalam sereal ini adalah dari pati garut yang tinggi akan karbohidrat. Nutriflakes memberikan rasa kenyang yang pas sehingga kita tidak akan mengalami kelebihan karbohidrat.

Nutriflakes juga menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak akan memberikan efek samping yang tidak kita inginkan seperti obesitas. Oleh karena itu, dengan Nutriflakes kebutuhan karbohidrat bisa terpenuhi dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Demikian ulasan mengenai apakah pisang mengandung karbohidrat, semoga dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Gandum, Apakah Sumber Karbohidrat yang Baik?

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles