Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Apakah Penderita GERD Boleh di Vaksin? Ini Pertimbangannya!

Penyakit GERD yang diderita seseorang memang menimbulkan beragam batasan demi mencegah komplikasi penyakit. Termasuk untuk melakukan beberapa jenis vaksin. Karenanya pertanyaan terkait apakah penderita GERD boleh di vaksin banyak dilayangkan.

Vaksin di sisi lain dibutuhkan untuk memperkuat imun tubuh terhadap berbagai virus. Contohnya virus Covid-19 yang kini masih melanda dan masih berpotensi menjangkit orang yang sudah terinfeksi sekalipun. 

 

Pertimbangan Apakah Penderita GERD Boleh di Vaksin


Suntik vaksin (sumber: canva)

Vaksin apapun jenisnya ternyata masih bisa dilakukan sekalipun oleh penderita GERD. Namun sedikitnya terdapat 3 hal utama yang perlu dipertimbangkan pengidap GERD sebelum melakukan vaksin di antaranya:

1. Tidak Punya Riwayat Alergi Vaksin Sejenis

Pertimbangan pertama yakni calon penerima vaksin harus tidak memiliki riwayat alergi vaksin sejenis yang akan didapatkan. Penderita GERD juga tidak boleh memiliki riwayat alergi terhadap komposisi yang terkandung dalam vaksin.

Bila dipaksakan menerima vaksin padahal punya riwayat alergi, dikhawatirkan efeknya akan sangat parah. Bahkan paling buruknya bisa mengakibatkan gagal organ dalam tubuh. 

2. Pastikan Kondisi Tubuh Siap

Tidak hanya bersih dari riwayat alergi, pengidap GERD yang hendak vaksin juga sangat diwanti untuk memastikan kondisi tubuhnya siap. Pastikan tubuh sedang sehat, tidak sedang mendapat gejala penyakit lain, dan jauh dari sering kambuhnya GERD.

Sebelum vaksin bisa menjaga pola makan seimbang dan pola tidur yang cukup. Tidak lupa juga rajin minum air mineral untuk menghidrasi tubuh.

3. Sudah Melakukan Konsultasi dengan Ahli

Terakhir, agar penderita GERD apakah bisa di vaksin perlu melakukan konsultasi dengan ahli. Biasanya sebelum melakukan vaksin akan ada sesi pengecekan umum yang perlu dilalui oleh calon penerima. 

Di sini diharapkan calon penerima bisa berterus terang terkait kondisi tubuhnya agar tidak membahayakan diri sendiri. Bila lulus dari pengecekan maka bisa langsung mendapatkan vaksin.

 

Tips Pasca Vaksin bagi Penderita GERD


Vaksin (sumber: canva)

Apakah penderita GERD boleh di vaksin? Jawabannya tentu boleh asal mempertimbangkan beberapa hal penting agar tidak membahayakan diri. Termasuk setelah berhasil vaksin, berikut tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir efek samping vaksinnya.

1. Jangan Langsung Beraktivitas Berat

Tips pertama yang perlu dilakukan yakni jangan langsung beraktivitas berat setelah menerima vaksin. Bagaimanapun efek vaksin berupa lemas bisa terjadi. Bila tubuh dipaksakan untuk beraktivitas, maka akibatnya bisa sangat fatal. Baiknya stop aktivitas berat setidaknya sehari saja. 

2. Peka Terhadap Kondisi Tubuh

Kedua, Anda diharuskan juga peka terhadap kondisi tubuh sendiri apalagi hingga melakukan self diagnose. Apa pun gejala atau efek samping yang datang jangan disepelekan dan baiknya langsung hubungi kontak dokter yang biasanya diberikan setelah vaksin. 

3. Makan Suplemen Tambahan 

Tidak lupa lengkapi juga kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Injeksi vaksin dalam tubuh juga tidak jarang memengaruhi kondisi tubuh. Karenanya suplai terus asupan gizi salah satunya dengan tambahan suplemen.

4. Istirahatkan Langsung Tubuh 

Mengantuk setelah vaksin jadi salah satu efek samping yang paling umum dirasakan. Tidak perlu dipaksakan untuk terjaga, tubuh bisa langsung diistirahatkan. Tidur sejenak bisa dilakukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah vaksin.

5. Konsultasi Tambahan ke Dokter 

Terakhir, buatlah jadwal konsultasi tambahan pada dokter pribadi yang biasa menangani perkembangan penyakit GERD Anda. Opsi ini baik dilakukan agar bila terjadi efek samping parah bisa langsung ditindak lanjuti dengan tepat.

Apakah penderita GERD boleh di vaksin memang bergantung pada kondisi dari pengidap penyakit GERD-nya sendiri. Tidak lupa ada banyak bertimbangan yang perlu diperhatikan agar vaksin yang nantinya dilakukan tidak riskan membahayakan tubuh sendiri.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles