Kopi adalah salah satu minuman dengan cita rasa yang sangat khas, yaitu pahit. Walaupun pahit, kopi justru menjadi minuman favorit masyarakat dan tren yang besar di kalangan anak muda. Namun, kopi masuk ke dalam pantangan orang yang memiliki masalah lambung. Lalu apakah kopi pahit bisa menyembuhkan maag atau justru menjadikannya lebih parah?

Banyak media mengatakan bahwa orang dengan masalah lambung sebaiknya menghindari minuman kopi. Hal ini dikarenakan kopi mempunyai kandungan kafein yang cukup tinggi. Sebab, hubungan kafein dan lambung ini tidaklah baik untuk kesehatan. Namun, benarkah orang yang memiliki sakit maag atau asam lambung tidak boleh minum kopi?

 

Apakah Kopi Pahit Bisa Menyembuhkan Maag?


Kopi (sumber: canva)

Pertanyaan tersebut mungkin selalu berputar di kepala penderita maag yang suka dengan minum kopi. Singkatnya, sakit maag merupakan sebuah masalah kesehatan ketika seseorang merasakan nyeri perut, kembung, mual, perut panas, hingga muntah.

Keadaan tersebut bisa terjadi karena lapisan mukosa lambung yang menipis atau rusak akibat beberapa hal. Jika pelindung lambung ini rusak, maka asam lambung dapat mengenai jaringan lambung dengan mudah. Inilah alasan kenapa perut terasa nyeri.

Terdapat beberapa faktor yang mendorong rusaknya mukosa lambung, yaitu:

  1. Infeksi bakteri.
  2. Pola makan yang buruk.
  3. Stres.
  4. Terlalu banyak makan.
  5. Konsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak.
  6. Minum minuman beralkohol dan berkafein.

Minum Kopi Maag Kambuh

Melalui penjelasan di atas pertanyaan apakah kopi pahit bisa menyembuhkan maag sudah terjawab secara tidak langsung. Kopi tidak bisa menyembuhkan sakit maag, minuman ini justru dapat memperparah maag.

Mengapa demikian?

Kopi pahit ternyata mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi. Artinya, jika kita meminumnya maka produksi asam lambung bisa meningkat. Akibatnya sakit maag menjadi buruk dan gejalanya pun lebih parah.

Baca: Kopi yang bagus untuk penderita asam lambung

Oleh karena itu, orang dengan riwayat maag sebenarnya tidak disarankan untuk meminum kopi pahit. Selain itu, kafein di dalam kopi dapat merenggangkan cincin otot esofagus bagian bawah. Alhasil, asam lambung bisa naik ke kerongkongan dengan mudah.

 

Cara Minum Kopi untuk Penderita Maag


Kopi dengan susu (sumber: canva)

Itulah penjelasan lebih lanjut mengenai apakah kopi pahit bisa menyembuhkan maag atau tidak. Jika demikian, apakah penderita maag dan asam lambung benar-benar tidak boleh minum kopi?

Sebenarnya ada alternatif bagi mereka dalam meminum kopi. Salah satu caranya adalah dengan memiliki biji kopi yang dipanggang sampai hitam (dark roast). Kemudian biji tersebut diseduh dengan proses cold brew. Kopi yang dihasilkan pun akan memberikan asam lebih sedikit.

Selain itu, penderita maag juga dapat memilih jenis kopi decaf, kopi dengan kandungan kafein yang lebih rendah. Penambahan susu dalam kopi juga baik untuk lambung konsumsi. Sebab, susu dapat mengikat asam klorogenik yang kemudian dapat menekan asam lambung.

Batasan Minum Kopi

Walaupun terdapat cara baik meminum kopi untuk penderita maag, mereka tetap harus membatasi konsumsi kopi. Orang dengan kondisi lambung yang sehat normalnya dapat minum kopi sebanyak 200 miligram atau dua hingga tiga cangkir.

Jika demikian, maka penderita maag dan asam lambung sebaiknya minum kopi lebih sedikit dari jumlah tersebut. Selain itu, jangan sampai minum kopi bersamaan dengan makanan pedas, cokelat, makanan berminyak, dan makanan asam.

Sebab, asupan ini bisa memberikan efek negatif yang buruk pada kesehatan lambung.

Demikian ulasan tentang apakah kopi pahit bisa menyembuhkan maag atau justru memperburuk keadaan lambung. Seperti yang sudah dijelaskan, penderita maag lebih baik menjauhi kopi dan akan lebih baik jika mengonsumsi sereal Nutriflakes.

Sebuah minuman bubuk yang baik untuk kesehatan lambung. Bahkan, sereal Nutriflakes ini memiliki manfaat yang mampu untuk mengatasi asam lambung naik dan maag kronis.

Nutriflakes, lambung sehat aktivitas jadi lancar!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles