Pertanyaan mengenai apakah gula aren aman untuk diabetes selalu muncul ketika orang baru pertama kali terkena diabetes.

Diaebetes adalah sebuah kondisi di mana kadar gula dalam darah ini melampaui batas normal yang telah ditentukan. Penyakit ini dapat menyerang siapa dan dari kalangan mana saja.

Bahkan jumlah penderita diabetes di Indonesia ini masuk ke dalam 5 besar dalam jumlah terbanyak di dunia.


Cek kadar gula darah (sumber: freepik)

Gangguan diabetes bisa disebabkan karena tubuh yang tidak dapat memproduksi cukup insulin. Sebab lainnya adalah sel-sel sensorik pada tubuh tidak bisa secara optimal merespon insulin yang dihasilkan.

Insulin adalah sebuah hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas. Hormon insulin ini berfungsi agar tubuh bisa menyerap glukosa dengan baik yang kemudian diolah menjadi energi.

Apabila hormon insulin tidak dapat bekerja dengan baik, maka glukosa tidak akan terserap dan justru tertimbun pada darah. Hal ini yang menyebabkan kada gula dalam darah meningkat.

Penyakit diabetes ini sangat berbahaya karena sekali kita terkena diabetes, maka kita tidak bisa sembuh dari penyakit ini. Selanjutnya, kita hanya dapat mengontrol kadar gula pada darah agar tetap selalu normal.

Orang yang telah terkena diabetes akan sulit untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis atau mengandung gula tinggi. Selain rasa manis, juga makanan dan minuman yang mempunyai indek glikemik tinggi.

Apakah Gula Aren Aman untuk Diabetes?

Jawaban pada pertanyaan apakah gula aren aman untuk diabetes adalah aman dengan catatan bahwa tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya.

WHO (World Health Organization) menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah. Namun, tetap memperhatikan kuantitas karbohidrat yang dikonsumsi tiap harinya.

Oleh karena itu, mengontrol gula pada darah ini dapat melalui diet indeks glikemik. Prinsip utama pada program ini adalah makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tetapi tinggi serat.


Aren yang berbentuk gula semut (sumber: canva)

Gula aren memiliki kandungan serat tinggi karena bahan dasarnya adalah nira aren. Walau rasanya yang manis, gula aren justru dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mencegah diabetes.

Selain itu, indeks glikemik pada gula aren termasuk rendah dibandingkan gula pasir yang sering digunakan oleh masyarakat.

Para ahli juga mengungkapkan bahwa nilai glikemik yang rendah pada gula aren ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Gula aren juga tidak menyebabkan lonjakan gula dalam darah yang drastis.

Hal ini dikarenakan gula aren tidak memecah glukosa pada darah secara langsung. Namun, pelepasan energi ini dilakukan secara perlahan sehinggga kenaikan atau penurunan gula dalam darah ini terjadi dengan merata.

Oleh karena itu, gula aren sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan catatan tidak berlebihan jumlahnya.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Begini Ciri-Ciri Gula Aren Asli

Manfaat Gula Aren untuk Kehidupan Sehari-hari

Sudah tahu manfaat gula aren bukan? Selain gula aren aman untuk diabetes, dewasa ini gula aren banyak dimanfaatkan dalam produk-produk minuman. Jadi kita sering menjumpai minuman yang menggunakan gula aren sebagai bahan utamanya.

Tidak seperti dekade lalu, di mana gula aren hanya banyak ditemui pada makanan atau minuman tradisional. Café dan restoran modern pun mulai menggunakan gula aren sebagai salah satu bahan pemanis yang alami.

Salah satu produk modern yang menggunakan gula aren sebagai komposisi utamanya adalah Nutriflakes. Sereal umbi garut ini memanfaatkan gula aren sebagai bahan alami yang aman dan sehat.

Berbagai manfaat dari gula aren ini juga diserap dalam Nutriflakes bersama keempat bahan alami lainnya. Oleh karena itu, Nutriflakes sangat bermanfaat dan berguna untuk konsumsi tiap harinya.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat!

Baca juga: 5 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Lambung

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles