Gandum adalah bahan pangan yang sudah terkenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Apakah gandum mengandung karbohidrat?

Bahan pangan gandum sering disebut juga dengan tepung terigu oleh masyarakat Indonesia. Permintaan akan gandum ini pun cenderung besar dan selalu meningkat tiap tahunnya.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan ini, Indonesia harus melakukan pembelian gandum dari luar negeri atau sering disebut dengan impor. Gandum terbilang sangat populer karena bahan ini sangat fleksibel untuk menjadi olahan makanan apa saja.

Olahan yang berasal dari gandum ini pun bermacam-macam bentuknya, seperti: roti, mie, puding, biskuit, pasta, kue, es kirm, dan lain sebagainya. Selain itu, gandum juga bisa diolah menjadi makanan seperti gorengan, di mana camilan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Apakah Gandum Mengandung Karbohidrat?

Gandum ternyata memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh manusia, salah satunya adalah karbohidrat.


Tepung gandum (sumber: canva)

Dalam 100 gram gandum bisa menyumbang karbohidrat sebanyak kurang lebih 72 gram karbohidrat dan 340 kalori. Artinya, gandum bisa memberikan rasa kenyang dan energi yang menjadi kebutuhan manusia.

Selain karbohidrat, gandum juga memiliki kandungan nutrisi lainnya. Misalnya adalah dalam 100 gram gandum kita akan mendapatkan 13 gram protein, 10,7 serat, 2,5 gram lemak, dan 0,4 gula.

Gandum juga menjadi sumber dari beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin B, mangan, fosfor, selenium, dan tembaga. Antioksidan juga ternyata terdapat dalam gandum bersama dengan senyawa aktif seperti polifenol, stanol, sterol, dan asam fitat.

Artinya, kita tidak hanya mendapatkan karbohidrat tetapi juga mendapatkan nutrisi lainnya ketika kita mengonsumsi gandum.

Baca juga: Apa Saja Unsur Penyusun Karbohidrat?

Manfaat Gandum dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain membahas apakah gandum mengandung karbohidrat, di sini kita juga mengulas lebih dalam apa saja manfaat dari gandum. Berikut ini adalah beberapa manfaat gandum untuk kesehatan:

1. Sumber Serat dan Gizi

Manusia sangat membutuhkan kandungan serat larut dan tidak larut sangat, dan ini terdapat dalam gandum. Oleh karena itu, gandum menjadi salah satu rekomendasi makanan pokok manusia, khususnya masyarakat Indonesia.

2. Menurunkan Kolesterol

Gandum bisa mencegah tubuh dalam menyerap LDL (low density cholesterol) atau singkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karenanya, gandum dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memakan sereal gandum akan memiliki risiko 19% lebih rendah terkena penyakit hipertensi daripada orang yang tidak pernah mengonsumsi sereal. Artinya, gandum bisa menurunkan tekanan darah.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jika kita mengonsumsi gandum secara rutin, maka akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kandungan serat yang tinggi membuat gandum bisa mengendalikan berat badan seseorang dan mencegah obesitas.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi adalah penyebab utama dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa gandum bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula dalam darah.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan ketika mengonsumsi gandum. Namun, 5 poin di atas adalah manfaat utama dari konsumsi gandum

Baca juga: 3 Jenis Nasi yang Mengandung Karbohidrat

Kesimpulan Apakah Gandum adalah Sumber Karbohidrat


Tumbuhan gandum (sumber: canva)

Berdasarkan penjelasan di atas, pertanyaan mengenai apakah gandum mengandung karbohidrat sudah terjawab. Gandum merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Karbohidrat sendiri adalah nutrisi atau zat gizi yang sangat diperlukan oleh manusia, khususnya penderita asam lambung. Di mana dengan mengonsumsi karbohidrat kita bisa memiliki tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, nutrisi lainnya yang terdapat dalam gandum dapat memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Demikian ulasan mengenai apakah gandum mengandung karbohidrat, semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Apakah Pisang Mengandung Karbohidrat? Yuk Temukan Jawabannya!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles