Buah tropis asli Indonesia yang selalu dapat kita temukan di pantai adalah kelapa muda. Rasanya yang nikmat dan segar membuat buah kelapa, terutama airnya, menjadi favorit masyarakat. Oleh karena itu, rasanya akan rugi saja jika sampai melewatkan minum air kelapa ini. Lalu apakah asam lambung boleh minum es kelapa, minuman pelepas dahaga?

Mempertanyakan makanan atau minuman untuk asam lambung merupakan keharusan. Sebab, terdapat beberapa bahan pangan yang bisa memicu kambuhnya refluks asam. Oleh karena itu, penderita asam lambung harus hati-hati ketika memilih makanan dan minuman. Jika demikian, air kelapa ini masuk ke pantangan atau justru aman-aman saja.

 

Apakah Asam Lambung Boleh Minum Es Kelapa


Es kelapa (sumber: canva)

Pada umumnya, air kelapa murni tanpa campuran apa-apa merupakan minuman yang menyehatkan. Hal ini karena air kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Kandungan utama yang terdapat dalam air kelapa adalah elektrolit, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, air kelapa bisa menggantikan cairan yang hilang dari tubuh dan mencegah dehidrasi.

Vitamin dan mineral yang terdapat pada air kelapa ini diantaranya: vitamin C, potasium, kalsium, sodium, zat besi, fosfor, natrium, dan kalium. Oleh karena itu, jawaban dari pertanyaan apakah asam lambung boleh minum es kelapa adalah boleh-boleh saja.

Air kelapa ini justru sangat disarankan bagi penderita asam lambung. berikut dua alasan mengapa asam lambung boleh minum es air kelapa:

a. Kandungan Kalium dalam Air Kelapa

Salah satu nutrisi penting yang ada pada air kelapa adalah mineral kalium. Kalium adalah mineral yang dipercaya dapat mengatasi refluks asam. Hal ini memang berasal dari sifatnya yang dapat menetralkan asam.

Kandungan kalium dalam air kelapa lah yang membuat buah kelapa bisa menjadi herbal alami dalam mengatasi asam lambung yang naik. Selain itu, masih banyak manfaat dari nutrisi kalium sendiri, yaitu:

  1. Bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit diabetes.
  2. Meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.
  3. Menjaga fungsi dari sistem saraf agar dapat berjalan dengan baik.
  4. Mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung.
  5. Mencegah pembentukan batu ginjal.
  6. Menjaga massa otot
  7. Menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

Artinya, mengonsumsi es air kelapa tidak hanya baik untuk kesehatan asam lambung tetapi juga bagian tubuh lainnya.

b. Air Kelapa Bersifat Basa

Alasan lainnya dibalik apakah asam lambung boleh minum es kelapa adalah sifat air kelapa yang basa. Asam lambung naik bisa terjadi karena suasana lambung yang terlalu asam. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam bisa memperburuk asam lambung.

Oleh karena itu, penderita asam lambung harus mengonsumsi minuman atau makanan yang netral dan basa. Hal ini bertujuan agar gejala asam lambung dapat berkurang dengan menetralkan pH tubuh dan lambung.

Secara alami, air kelapa merupakan minuman atau cairan berbentuk alkali yang bisa membantu mengurangi kadar asam di dalam perut. Selain itu, air kelapa juga menjadi sumber elektrolit yang baik, seperti potasium.

Senyawa elektrolit ini sangat berfungsi dalam menjaga keseimbangan pH tubuh agar tidak asam. Alhasil, masalah asam lambung naik ini dapat terkendali dan tidak akan kambuh. Artinya, sifat basa dalam air kelapa dapat mengurangi kadar asam di dalam lambung dan mengurangi gejalanya.

 

Tips Sakit Asam Lambung Minum Es Kelapa Muda


Es kelapa (sumber: canva)

Itulah dua alasan mengapa jawaban dari pertanyaan apakah asam lambung boleh minum es kelapa adalah boleh. Minum air kelapa memang menyehatkan dan menyegarkan, apalagi kalau diminum saat cuaca panas.

Namun, penderita asam lambung tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi air kelapa. Sebab, jika salah mengonsumsi, penderita asam lambung bukan mendapat manfaat tetapi justru mengalami sakit perut.

Berikut beberapa tips mengonsumsi air kelapa yang baik bagi penderita asam lambung.

  1. Air kelapa tidak boleh dicampur dengan bahan pemanis atau penambah gula lainnya. Sebaiknya konsumsi air kelapa ini dalam keadaan murni tanpa ada tambahan sirup, gula, dan lain sebagainya.
  2. Minum air kelapa tidak boleh terlalu banyak, satu sampai dua gelas air kelapa pada pagi hari atau malam hari saja.
  3. Sebaiknya minum air kelapa ini setelah kita mengonsumsi makanan dahulu, jangan saat lambung kosong.
  4. Memberikan es pada air kelapa jangan terlalu banyak agar rasanya masih nikmat dan terasa kelapanya.

Itulah beberapa cara yang baik untuk minum air kelapa bagi penderita asam lambung.

Selain air kelapa, sebenarnya masih ada minuman lainnya yang bisa meredakan asam lambung. Contohnya adalah sereal umbi garut Nutriflakes, sebuah minuman serbuk yang baik untuk sistem pencernaan.

Tidak kalah nikmat dengan air kelapa, sereal Nutriflakes ini memiliki rasa yang khas dan bisa dikonsumsi setiap hari. Demikian ulasan mengenai apakah asam lambung boleh minum es kelapa, semoga dapat bermanfaat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles