Selain kopi, masih ada minuman boba yang akhir-akhir ini sedang naik daun dan menjadi tren di kalangan anak muda. Namun, selaras dengan hal tersebut banyak juga anak muda yang mengalami masalah kesehatan karena terlalu banyak minum minuman boba. Bagaimana mungkin hal tersebut terjadi? Dan apakah asam lambung boleh minum boba?

Mungkin banyak orang yang menyukai minuman boba karena rasanya yang manis dan nikmat. Selain itu, minuman ini juga disajikan dengan sensasi dingin sehingga cocok untuk cuaca panas. Namun, jika bayaran dari mengonsumsi minuman ini adalah kesehatan apakah setimpal? Yuk, simak penjelasan apakah lambung dan boba memiliki hubungan.

 

Minuman Boba Kekinian


Boba milk tea (sumber: canva)

Sebelum membahas apakah asam lambung boleh minum boba, mari kenali apa sebenarnya minuman ini. Pada umumnya, boba adalah bola-bola kenyal dari tapioka yang biasanya menjadi isian pada minuman bubble tea.

Sedangkan bubble tea atau boba milk merupakan teh susu mutiara yang berbahan dasar teh, susu, dan boba. Kini inovasi minuman boba sudah bervariasi, tidak hanya menggunakan teh dan susu saja.

Selain itu, kedai boba sudah menawarkan berbagai rasa pada minuman boba, mulai dari teh hijau, taro, red velvet, the melati, hingga varian rasa buah lainnya. Artinya, minuman boba adalah olahan minuman yang menggunakan bola-bola tapioka sebagai isiannya.

Bola-bola dari tapioka ini mempunyai tekstur yang kenyal sehingga akan menambah kenikmatan tersendiri. Itulah beberapa alasan mengapa boba banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Mulai dari rasanya yang manis, memiliki banyak pilihan rasa, terdapat sensasi dingin yang menyegarkan, dan terdapat boba yang enak untuk dikunyah.

 

Apakah Asam Lambung Boleh Minum Boba?

Banyak penderita asam lambung yang mempertanyakan kalimat di atas. Mengapa demikian? Sebab, hampir seluruh menu dalam minuman boba menggunakan susu sebagai bahan dasarnya.

Sedangkan kandungan lemak di dalam susu ini biasanya tinggi sehingga kurang baik untuk asam lambung. Oleh karena itu, jika penderita asam lambung ingin minum boba sebaiknya pilih menu yang tidak menggunakan susu atau ganti susu dengan bahan lainnya.

Selain itu, ada kabar yang menyebar bahwa boba sulit atau tidak bisa dicerna oleh organ pencernaan. Kabar ini adalah hoaks karena boba terbuat dari tepung singkong yang sangat mudah untuk dicerna oleh lambung maupun usus.

 

Bahaya Minuman Boba untuk Kesehatan


Minuman boba (sumber: canva)

Walaupun penderita asam lambung boleh minum boba, tetapi mengonsumsi minuman ini ternyata kurang baik untuk kesehatan. berikut beberapa bahaya minum boba jika berlebihan menurut The List:

  1. Meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, hal ini karena minuman boba menggunakan gula tambahan sebanyak dua kali lipat dari jumlah yang disarankan. Sedangkan minuman manis adalah penyebab utama dari diabetes tipe 2.
  2. Merusak gigi. Minuman dengan gula berlebih dapat melarutkan lapisan gigi, menyebabkan erosi gigi, hingga akhirnya gigi menjadi berlubang dan sensitif.
  3. Meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi gula yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, bahkan ada yang meninggal karena penyakit tersebut.
  4. Masalah pencernaan seperti sembelit. Seorang ahli gastroenterologi mengatakan bahwa makan boba berlebihan bisa menyebabkan kasus sembelit. Hal ini karena berbagai bahan aditif yang dicampur pada tepung singkong.
  5. Meningkatkan berat badan hingga dalam keadaan obesitas. Penelitian dalam Food Science & Nutrition mengungkapkan bahwa kandungan gula pada minuman boba ini rata-rata 57 gram.

Menurut penjelasan di atas, bahaya minuman boba ini datang dari kandungan gula yang ada di dalamnya. Terlalu banyak asupan gula memang tidak baik. Sebab, batasan konsumsi gula setiap hari ini hanya sebanyak 50 gram saja.

 

Minuman yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Pertanyaan tentang apakah asam lambung boleh minum boba dan bahaya meminumnya memang sudah terjawab. Daripada minum minuman yang dapat membahayakan kesehatan dan nyawa, lebih baik minum sesuatu yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa contoh minuman yang baik dan sehat dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

  1. Wedang jahe atau wedang ronde. Kandungan jahe di dalam airnya akan memberikan rasa nyaman di perut. Selain itu, jahe merupakan rempah-rempah yang bisa mencegah asam lambung.
  2. Air kelapa muda, minuman ini mempunyai sifat yang basa sehingga dapat membuat perut menjadi lebih dingin.
  3. Susu rendah lemak atau susu skim tanpa tambahan gula. Kalaupun ingin manis lebih baik untuk menambahkan madu daripada gula.
  4. Jus lidah buaya, minuman ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan saja, tetapi juga baik bagi kesehatan kulit wajah.
  5. Sereal Nutriflakes, minuman serbuk berbahan dasar umbi garut yang cocok bagi penderita asam lambung. Nutriflakes tidak menggunakan pemanis buatan, tetapi gula aren sehingga rasanya pun lebih enak.

Demikian ulasan mengenai apakah asam lambung boleh minum boba atau tidak, semoga penjelasan di atas bisa menjawab rasa penasaran.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles