Home » Artikel Nutriflakes » Badan Gemetar Akibat Asam Lambung? Apakah Bisa?

Badan gemetar akibat asam lambung bisa terjadi karena gejala-gejala yang terjadi ketika asam lambung kambuh. Gangguan asam lambung ini memang memberi rasa ketidaknyamanan pada orang yang menderitanya.

Badan gemetar adalah gerakan yang terjadi secara berulang-ulang mirip seperti menggigil dan tidak terkendali. Maksudnya adalah gerakan yang tidak direncanakan tetapi terjadi berulang-ulang.

Biasanya badan gemetar adalah respon dari tubuh yang sedang merasakan sakit atau kekurangan sesuatu.

Gerakan tremor ini dapat terjadi pada seluruh tubuh, tetapi bisa juga di beberapa tempat saja. Misalnya hanya bagian tangan ketika seseorang sedang kedinginan, atau bagian kaki dan kepala saja. Namun, tangan merupakan bagian tubuh yang sering terjadi gemetar.


Gemetar pada tangan (sumber: canva)

Sumber permasalahan dari badan tremor adalah adanya gangguan di bagian otak yang mengatur otot-otot. Jika badan gemetar terjadi terus-menerus bisa jadi ini menunjukkan sebuah penyakit. Oleh karena itu, badan gemetar ini tidak dapat dianggap remeh.

Badan gemetar ini tidak terjadi begitu saja, pasti ada penyebab-penyebab yang mendorongnya. Terdapat beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya badan gemetar, di antaranya:

  • Kadar gula dalam darah yang rendah.
  • Badan yang lelah, khususnya otot-otot tubuh.
  • Keracunan makanan.
  • Banyak mengonsumsi minuman kafein seperti kopi, teh, atau soda.
  • Gangguan kecemasan (anxiety) dan panik.
  • Efek samping dari menggunakan obat.
  • Memiliki penyakit gagal ginjal.
  • Adanya riwayat tremor di keluarga.

Badan Gemetar Akibat Asam Lambung

Orang yang sedang mengalami asam lambung juga bisa mengalami badan gemetar. Hal ini biasanya diakibatkan dari gejala-gejala ketika asam lambung naik. Gejala-gejala asam lambung yang terjadi bisa membuat badan tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa gejala asam lambung yang biasanya terjadi:

  1. Perut merasa mual dan mengakibatkan perasaan ingin muntah.
  2. Rasa panas di area perut hingga dada. Hal ini dikarenakan cairan asam yang mengalir dari lambung ke saluran kerongkongan.
  3. Mudah kenyang padahal porsi makan hanya sedikit.
  4. Perut merasa kembung atau begah dan sehingga mudah bersendawa.
  5. Selain rasa panas, rasa nyeri juga terjadi pada bagian perut.

Beberapa gejala di atas bisa menyebabkan badan gemetar terus-menerus. Orang yang sering mengalami sendawa biasanya akan mengalami badan gemetar. Sebab, sendawa terjadi atas respon pada perut yang mengalami kembung.

Selain itu, penderita asam lambung akan merasakan panas dan nyeri di area perut. Jika gejala yang terjadi ini terasa lebih parah, penderita asam lambung bisa saja tidak kuat dalam menahan rasa sakit.

Sehingga dalam menahan rasa sakit akibat asam lambung ini, badan orang yang merasakan akan gemetar. Inilah kondisi di mana badan gemetar akibat gangguan asam lambung naik yang sedang kambuh.

Artinya, badan gemetar pada penderita asam lambung ini terjadi karena orang tersebut tengah menahan rasa sakit akibat gejala asam lambung. Tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Perlu penanganan yang tepat agar tidak terjadi komplikasi penyakit lainnya.

Baca Juga: 6 Akibat Komplikasi Jika Asam Lambung Tidak Segera Ditangani


Ilustrasi badan gemetar (sumber: canva)

Cara Mengatasi Asam Lambung

Badan gemetar akibat asam lambung ini tentu bisa ditangani dengan mengontrol gangguan asam lambung yang sedang terjadi. Langkah-langkah dalam mengatasi asam lambung ini bisa dengan cara yang alami atau tidak.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi asam lambung:

  1. Mengubah gaya hidup menjadi sehat, seperti makan sehat yang teratur dan sering berolah raga.
  2. Meminum obat khusus asam lambung.
  3. Operasi lambung, khusus pada gangguan asam lambung yang sudah parah.

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan lambung dengan mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes. Sebuah sereal sehat yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

Dengan asam lambung teratasi, badan gemetar pun akan terhindar.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles