Penyakit asam lambung atau GERD adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan. Apabila asam lambung kambuh, akan menimbulkan heartburn, perut begah, hingga muntah.

Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, terutama makanan dan minuman.  Itu sebabnya bagi penderita asam lambung harus selektif dalam memiliki asupan untuk tubuh, termasuk minum susu yang sering menjadi pertanyaan.

Lantas, bolehkah asam lambung minum susu?

Ahli gizi klinis MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Inge Permadi, menuturkan bahwa penderita asam lambung boleh minum susu asalkan perut sedang tidak dalam kondisi kosong. Beliau juga mengungkapkan bahwa susu yang diminum bisa meningkatkan asam lambung karena kandungan proteinnya.

Protein ini akan dicerna oleh asam lambung yang menyebabkan asam lambung terus keluar untuk mencerna. Oleh karena itu, apabila susu dikonsumsi dalam kondisi perut kosong, menyebabkan perut terasa kembung, tidak nyaman, hingga perih. Kondisi ini pula yang akan menyebabkan kambuhnya penyakit asam lambung.

Minum susu bagi penderita asam lambung diperbolehkan, asalkan perut sudah lebih dulu terisi agar lambung terlindungi. Hal ini karena makanan bisa menjadi lapisan agar asam lambung yang keluar tidak langsung mengenai mukosa.

Selain waktu yang tepat dalam minum susu (perut tidak sedang kosong), jenis susu juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Penderita asam lambung disarankan untuk minum susu rendah atau bebas lemak. Hal ini karena kandungan lemak tinggi pada susu bisa menyebabkan pengosongan lambung lebih lama sehingga dinding lambung akan makin lama pula kontak dengan makanan yang sudah tercampur dengan asam.

Selain itu, lemak pada susu juga bisa melemahkan sfingter esofagus. Apabila sfingter esofagus ini melemah, asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan yang menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung.

Oleh karena ini, penderita asam lambung diperbolehkan minum susu asalkan tidak dalam keadaan perut kosong dan tidak susu tinggi lemak.

Jenis Susu untuk Penderita Asam Lambung

1. Susu Almond
Susu almond merupakan susu nabati yang dianggap cocok untuk penderita asam lambung karena memiliki sifat basa. PH susu almond sebesar 8,4 sehingga memiliki tingkat basa yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang memiliki PH sebesar 6,8.

PH susu almond ini diyakini bisa menetralkan asam lambung yang bersifat asam. Susu almond juga bisa mengencerkan asam lambung dan mencegahnya naik ke kerongkongan. Susu almond yang rendah lemak tidak akan memperburuk gejala asam lambung.

2. Susu Kedelai
Susu kedelai rendah lemak sehingga aman untuk penderita asam lambung. Dalam satu gelas susu kedelai sebanyak 200 mL, hanya mengandung lemak sebanyak 5 gram. Susu kedelai juga bersifat basa dan bisa digunakan sebagai makanan alkali yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung. kandungan kalsium, mineral, dan vitamin pada susu kedelai juga diyakini baik untuk pencernaan.

susu kedelai untuk asam lambung
susu kedelai (sumber: canva)

3. Susu Rendah Lemak
Susu memiliki berbagai macam jenis seperti susu whole milk dengan kandungan lemak utuh, susu rendah lemak (2% lemak), serta susu skim atau bebas lemak. Susu ini cocok untuk penderita asam lambung karena hanya mengandung 0 – 2,5% lemak.

susu rendah lemak
susu rendah lemak (sumber: canva)

Susu bebas atau rendah lemak ini bisa menjadi buffer sementara bagi lambung. Larutan bersifat buffer tidak mudah terpengaruh oleh tingkat keasaman lingkungannya. Jadi, larutan ini akan membuat lambung tidak makin asam.

Apabila Anda ingin minum susu, pastikan anda minum susu saat perut tidak sedang kosong, ya. Selain itu, pilihlah susu yang tepat dan aman bagi penderita asam lambung agar penyakit asam lambung tidak kambuh.

Pemilihan susu yang tepat termasuk upaya dalam menjaga kesehatan lambung agar meminimalisir keluhan dibarengi dangan pola hidup sehat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles