Penyakit asam lambung atau GERD adalah kondisi di mana naiknya asam lambung ke kerongkongan. Gejala yang ditimbulkan berupa heartburn, perut kembung, mual, hingga muntah.  Penyebab utamanya bisa karena pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu, bagi penderita asam lambung harus selektif dalam memilih menu makanan. Lantas, bolehkah asam lambung makan mie bihun?

Sebelum mencari tahu apakah asam lambung makan mie bihun diperbolehkan atau tidak, mari kita simak terlebih dahulu mengenai apa itu mie bihun!

Mie bihun adalah jenis makanan dari Cina. Bentuknya seperti mie, tapi lebih tipis. Mie bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Tidak hanya di Cina, mie bihun juga sudah terkenal sejak lama di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, cara pengolahan mie bihun juga bisa dibuat sevariatif mungkin.

Jenis olahan bihun yang umumnya dijumpai di masakan Indonesia diantaranya:

  • Mie Bihun Goreng
  • Mie Bihun Kuah
  • Risoles atau Lumpia Mie Bihun
  • Soto Mie Bihun
  • Sop Oyong Mie Bihun
  • Tekwan

Penderita Asam Lambung Makan Bihun

Mie bihun terbuat dari tepung beras. Dibandingkan dengan tepung terigu, tepung beras lebih tinggi kalori. Selain tinggi kalori, tepung beras juga mengandung karbohidrat yang lebih tinggi.

Apabila dilihat dari kandungan protein, vitamin, dan mineral, tepung terigu lebih unggul dibandingkan tepung beras. Tapi walaupun demikian, tepung beras bebas gluten yang bisa meminimalisir risiko terjadinya masalah lambung seperti iritasi dan radang.

Selain itu, saat mengolah mie bihun tentunya juga menambahkan kondimen lain untuk membuat rasa mie bihun menjadi lebih lezat. Dalam pengolahan mie bihun juga diperlukan bahan pendukung seperti penyedap rasa, cabai, dan minyak goreng.

Untuk menjawab apakah asam lambung boleh makan mie bihun, perhatikan terlebih dahulu beberapa hal ini!

Sereal Asam Lambung Nutriflakes
Sereal Asam Lambung Nutriflakes

1. Cara Memasak Mie Bihun

Sebelum direndam dengan air agar mie bihun menjadi lunak, mie bihun bertekstur keras dan kering. Selain itu, mie bihun biasanya tidak dimakan dalam keadaan mentah (tanpa diolah terlebih dahulu) karena memiliki rasa cenderung hambar.

Oleh karena itu, sebelum dikonsumsi, mie bihun biasanya diolah terlebih dahulu baik dengan cara digoreng, ataupun dijadikan makanan berkuah seperti soto. Dalam pengolahan mie bihun ini tentunya melibatkan bahan-bahan lain seperti minyak goreng, cabai, merica, penyedap rasa, kol, hingga jeruk nipis.

Sementara itu, bagi penderita asam lambung tidak disarankan konsumsi makanan berminyak, pedas, dan asam. Makanan berminyak akan menghambat pengosongan lambung yang mengakibatkan refluks. Makanan asam bisa meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, makanan pedas yang mengandung zat capsaicin bisa membuat lambung mengalami iritasi.

Itu sebabnya bagi penderita asam lambung, cara pengolahan mie bihun harus diperhatikan. Anda bisa menghindari cara pengolahan mie bihun yang mengandung minyak, cabai, atau jeruk nipis. Anda bisa membuat mie bihun rebus dengan tambahan bawang iris dan sedikit penyedap rasa tanpa menggunakan minyak.

2. Jenis Bahan Pengolahan Mie Bihun

Mie bihun bisa diolah dengan berbagai macam jenis olahan. Jenis olahan mie bihun seperti mie bihun goreng, soto mie bihun, atau lumpia mie bihun bisa saja menyebabkan asam lambung kambuh. Hal ini karena ketiga jenis olahan tersebut mengandung minyak, cabai, dan sayuran seperti kol yang bisa menciptakan gas di lambung sehingga memperburuk gejala asam lambung.

Itu sebabnya, bagi penderita asam lambung sebaiknya tidak menambahkan jenis bahan yang bisa memicu asam lambung saat mengolah mie bihun. Bahan-bahan yang bisa memicu asam lambung seperti kol, minyak goreng, cabai ataupun lada.

3. Porsi Mie Bihun

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah porsi mie bihun yang dikonsumsi. Mie bihun memang lezat, terlebih setelah diolah dengan mencampurkan berbagai macam jenis bumbu dan bahan tambahan. Tapi konsumsi mie bihun harus dibatasi.

Selain tidak dianjurkan konsumsi makanan dalam porsi besar karena bisa membuat lambung menghasilkan asam lebih banyak untuk memproses makanan di dalam pencernaan, mie bihun juga mengandung karbohidrat tinggi. Makanan tinggi karbohidrat bisa membuat perut kembung yang memperburuk kondisi asam lambung.

Di samping karbohidrat, mie bihun juga tinggi kalori yang bisa memicu kenaikan berat badan penyebab obesitas. Seseorang yang obesitas akan lebih rentan terhadap masalah asam lambung.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau penderita asam lambung diperbolehkan makan mie bihun dengan cara memperhatikan porsinya, teknik pengolahannya, dan bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam olahan mie bihun tersebut.

Penderita asam lambung tidak dianjurkan konsumsi olahan mie bihun terlalu banyak, terutama yang mengandung minyak, berasa pedas, dan berasa asam.

Apabila dirasa masih kurang aman dan Anda tidak ingin mengambil risiko, Anda bisa memilih alternatif menu lain yang aman untuk asam lambung. Alternatif manu lain untuk asam lambung tentunya tidak kalah lezat!

Artikel terkait:

Makan Enak tetap Sehat! Pilihan Lauk Pauk Bagi Penderita Asam Lambung
Bolehkah Mengonsumsi Bubur Ayam bagi Penderita Asam Lambung?
Bolehkah Asam Lambung Makan Bumbu Kacang? Anda Harus Tahu Ini

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles