Konsisten. Satu kalimat yang terdengar sepele, tapi tidak mudah dilakukan. Hal ini berkaitan dengan diet. Apabila sudah set goals untuk diet, diperlukan niat dan konsistensi dalam menjalaninya agar tujuan diet bisa terwujud. Maka dari itu, orang yang sedang menjalani diet perlu tahu apa saja pantangan diet. Pantangan diet dimulai dari makanan hingga pola hidup yang sebaiknya dihindari.

Agar program diet berhasil, tentunya perlu menghindari makanan-makanan yang bisa menggagalkan program diet kamu. Hal ini bertujuan agar nutrisi tubuh tetap tercukupi, sehingga berat badan ideal bisa tercapai dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Untuk menghindari makanan tersebut, kamu juga harus tahu jenis makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi.

Pantangan Diet: Makanan dan Minuman

1. Jenis Kue dan Biskuit

Jenis kue dan biskuit harus dihindari karena merupakan pantangan diet. Selain tinggi gula, makanan jenis ini tinggi kalori, dan rendah nutrisi yang justru bisa memicu kenaikan berat badan. Makanan ini juga tidak membuat kamu merasa kenyang, sehingga memungkinkan untuk mengonsumsinya berkali-kali.

2. Keripik Kentang ataupun Kentang Goreng

Sebenarnya, kentang termasuk makanan sehat yang cocok sekali dikonsumsi untuk diet dengan cara direbus. Tentunya hal itu tidak berlaku bagi keripik kentang atau kentang goreng. Keripik kentang atau kentang goreng sudah diolah dengan cara digoreng. Proses penggorengan ini akan membuat kentang mengandung kalori dan minyak lebih tinggi yang tidak baik sehingga bisa merusak program diet kamu.

3. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji merupakan makanan yang menjadi pantangan diet karena cenderung tinggi garam, kalori, kolesterol, tapi rendah nutrisi. Maka dari itu, apabila dikonsumsi terlalu banyak, makanan ini justru bisa membuat berat badan seseorang meningkat. Selain berat badan, makanan siap saji bisa menjadi faktor timbulnya penyakit berbahaya lain seperti penyakit jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi.

4. Minuman Kemasan

Minuman bersoda, berkafein, dan jus kemasan mengandung tinggi kalori serta tinggi gula. Apabila dikonsumsi berlebihan, minuman jenis ini tentunya bisa meningkatkan berat badan. Karena minuman kemasan adalah pantangan diet, sebaiknya minuman jenis ini harus dihindari.

5. Es Krim

Es krim adalah makanan yang banyak digemari, terutama saat cuaca panas. Selain nikmat, rasanya juga menyegarkan. Tapi makanan ini termasuk pantangan diet karena tinggi gula dan kalori. Alih-alih diet kamu berhasil, makanan ini justru bisa menggagalkan diet.

Itu beberapa pantangan diet yang sebaiknya tidak kamu konsumsi. Apabila kamu tetap ingin mengonsumsi jenis makana di atas, kamu bisa mengonsumsinya dengan alternatif pengolahan lain, seperti:

  • Kentang yang diolah dengan cara digoreng, sebaiknya diolah dengan cara direbus, dipanggang, ataupun dikukus agar nutrisi kentang tetap terjaga dan tidak memicu kenaikan berat badan.
  • Makanan manis seperti kue dan biskuit bisa kamu ganti dengan cokelat hitam yang kaya antioksidan.
  • Apabila ingin konsumsi es krim, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dan aman untuk program diet, seperti yoghurt ataupun buah segar.
  • Minuman kemasan seperti jus kemasan bisa kamu ganti dengan jus buah murni tanpa tambahan gula, sehingga bisa membantu kebutuhan serat harian tubuh.

Baca juga:

Tips Efektif Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Wajib Diketahui

Pantangan Diet: Kebiasaan Buruk

Selain makanan pantangan diet, perilaku dan kebiasaan juga bisa menghambat diet. Berikut pola hidup yang bisa menghambat diet:

1. Begadang

Begadang bisa menghambat diet karena akan mengganggu metabolisme tubuh. Begadang justru bisa menaikkan berat badan karena mengganggu kebiasaan makan, menurunkan aktivitas fisik, dan merusak kualitas tidur.

2. Malas Gerak (Mager)

Alih-alih mendukung diet, malas gerak justru bisa menaikkan berat badan. Malas gerak membuat tubuh kita tidak bisa membakar kalori dengan optimal, sehingga kalori yang tidak terbakar akan menumpuk di tubuh dalam bentuk lemak. Kondisi ini makin diperparah apabila diimbangi dengan pola makan yang buruk seperti konsumsi makanan berlemak, berminyak, dan tinggi gula.

3. Stres

Pada kasus-kasus tertentu, stres bisa menyebabkan kegemukan. Stres bisa mengacaukan jadwal makan seseorang. Kacaunya jadwal makan akan memicu seseorang untuk melewatkan makan dan makan berlebihan pada waktu-waktu tertentu karena sudah merasa “terlalu lapar”.

Selain itu, stres juga bisa membuat seseorang makan terus menerus (stress eating) untuk melupakan masalah dan kesedihannya, sehingga memicu kenaikan berat badan.

Tidak hanya makanan tertentu, kebiasaan buruk seperti ulasan di atas juga bisa memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, agar program diet kamu tidak terganggu, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

salad_dengan_daging_ayam

1. Konsumsi makanan tinggi serat,
2. Olahraga dengan rutin,
3. Istirahat yang cukup dan hindari begadang,
4. Kelola stres dengan baik,
5. Banyak minum air putih,
6. Hindari makanan berlemak, berminyak, tinggi kalori, dan tinggi gula,
7. Hindari makanan cepat saji.

Itu beberapa jenis makanan dan kebiasaan diet yang harus dihindari karena merupakan pantangan diet serta bisa memicu kenaikan berat badan. Untuk mendapatkan hasil diet yang optimal, hindari pantangan diet dan lakukan tips diet dengan konsisten, ya!

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles