Selain pola makan, olahraga secara rutin sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Walaupun demikian, kebanyakan orang merasa tidak sempat berolahraga, terutama saat harus melakukannya di pusat kebugaran. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah.

Olahraga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi di samping hal tersebut, olahraga juga diperlukan untuk menurunkan berat badan. Olahraga di rumah ini juga bisa kamu lakukan dengan cara sederhana, tanpa mengurangi manfaat dari olahraga.

Jenis Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan

1. Plank

plank_olahraga_menurunkan_berat_badan

Plank termasuk olahraga sederhana yang baik dalam melatih otot dan membakar lemak tubuh, sehingga olahraga ini dinilai efektif dalam menurunkan berat badan.

Kamu bisa melakukan plank dengan:

  • Siapkan matras.
  • Posisikan tubuh seperti push up.
  • Tekuk lengan membentuk sudut 90 derajat hingga bagian siku menyentuh matras.
  • Tahan posisi ini selama 2 menit.
  • Kamu bisa mengulangi gerakan ini selama 10 kali atau sesuai kemampuan.

2. Squats

Squats termasuk olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah. Olahraga ini bisa membantu melatih otot perut bagian bawah, serta sangat cocok untuk membentuk paha dan bokong yang ideal.

Kamu bisa melakukan squats dengan:

  • Posisikan tubuh berdiri tegak.
  • Buka kedua kaki, sejajar dengan bahu.
  • Turunkan pinggul hingga posisi seperti sedang duduk.
  • Kembali ke posisi berdiri seperti semula.
  • Kamu bisa melakukan gerakan ini sebanyak 20 kali hitungan

3. Lompat Tali (Skipping)

Skipping adalah olahraga menyenangkan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menurunkan berat badan karena skipping bisa meningkatkan kekuatan otot, metabolisme tubuh, dan pembakaran kalori.

Skipping bisa membakar 10 kalori per menitnya. Bagi pemula, kamu bisa mencoba gerakan ini selama 10 menit per hari. Apabila sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan lama waktu skipping dan mencoba berbagai variasi dari olahraga ini, seperti skipping dengan satu kaki atau dengan gaya berlari.

4. Yoga

Yoga bisa membuat kamu lebih rileks dan tidur nyenyak serta berkualitas. Manfaat ini sangat membantu kamu mendapatkan berat badan ideal karena kualitas tidur berpengaruh terhadap penurunan berat badan.Untuk dicoba di rumah, kamu bisa mencoba gerakan yoga sun salutations atau gerakan perahu (boat pose). Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah, salah satunya adalah yoga.

5. Crunch

gerakan_crunch

Crunch sudah sangat populer dan terbukti efektif dalam mengecilkan perut buncit, terutama bagi penderita obesitas. Olahraga ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut bagian atas, mengurangi lemak perut, dan membentuk perut agar lebih baik.

Kamu bisa melakukan crunch dengan:

  • Posisikan tubuh berbaring telentang.
  • Tekuk lutut.
  • Letakkan tangan di belakang kepala.
  • Angkat bahu dari lantai dan tekuk kedua kaki ke arah tulang rusuk.
  • Kamu bisa melakukan gerakan ini sebanyak 20 kali hitungan.

Demikian jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah. Selain mudah dilakukan, olahraga jenis ini juga tidak memerlukan banyak peralatan dan persiapan dalam melakukannya.

Selain dengan melakukan olahraga dengan cara di atas, untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses penurunan berat badan, konsumsi makanan sehat yang kaya protein, vitamin, mineral, dan serat juga perlu dilakukan.

Kamu bisa mencari tahu seputar makanan yang bagus untuk diet. Tidak hanya itu, olahraga rutin dan pola makan sehat juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Artikel terkait:

Tetap Sehat Minimalkan Lemak: 5 Jenis Olahraga untuk Diet

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles